Nilai ASPD Sempurna 300, Siswa SD Muhammadiyah Condongcatur Terbaik se-DIY

Nilai ASPD Sempurna 300, Siswa SD Muhammadiyah Condongcatur Terbaik se-DIY

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Prestasi membanggakan berhasil diraih salah satu siswa SD Muhammadiyah Condongcatur, Sleman, Yogyakarta. Dia adalah ananda Admiralty Rasheeda siswa kelas 6 yang berhasil meraih nilai sempurna 300 dalam Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah – Berbasis Komputer (ASPD-BK) Tahun Pelajaran 2022/2023.

Siswa SD Muhammadiyah Condongcatur Admiralty Rasheeda menjadi satu-satunya siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mencapai nilai ASPD-BK secara sempurna. Admiralty memperoleh nilai 300 dari 3 mata ujian yaitu literasi membaca, literasi sains, dan literasi numerasi.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Condongcatur Sulasmi, SPd memberikan penghargaan secara khusus kepada Admiralty. Piagam penghargaan diberikan langsung dalam agenda Porsenitas Gelar Aksi, Literasi dan Kreasi (Galaksi) di halaman sekolah, Rabu (21/6/2023).

Sulasmi turut bangga kepada Admiralty sebagai peraih nilai sempurna dengan belajar sungguh-sungguh, taat pada perintah guru dan orangtua serta rajin ibadah. Bahkan Admiralty di kelasnya juga menjadi guru bagi teman-temannya.

“Di dalam kelasnya Admiralty ini hebat sudah menjadi guru mengajari apa yang tidak bisa, kesulitannya di mana. Jadi ilmunya menjadi ilmu yang bermanfaat akhirnya Allah memberkahi dengan nilai sempurna,” ungkapnya.

Sulasmi mengakui terus memantau para siswa termasuk Admiralty dengan latihan demi latihan. Serta memberikan motivasi dalam berbagai kesempatan untuk mendapatkan nilai yang terbaik.

Ini adalah prestasi yang membanggakan SD Muhammadiyah Condongcatur di saat seluruh siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami kesulitan mendapatkan nilai ASPD. Terutama di nilai literasi numerasi, karena dalam tahun ini rata-ratanya mengalami penurunan. Namun, nilai SD Muhammadiyah Condongcatur tidak menurun bahkan justru meningkat.

Oleh karena itu Kepala Sekolah mengapresiasi dan berharap para siswa kelas 1 – 5 dapat terus berprestasi. Apapun yang dilakukan sekolah baik itu lomba maupun pembelajaran dapat diikuti dengan sebaik-baiknya.

Kemudian, Kepala Sekolah mengucapkan terima kasih atas raihan Admiralty yang telah mengharumkan dan membanggakan SD Muhammadiyah Condongcatur. Diharapkan di jenjang sekolah selanjutnya Admiralty tetap membawa harum nama sekolah dan dapat kembali menjadi yang terbaik.

Admiralty hadir langsung untuk memberi semangat kepada para adik kelasnya. Dirinya menceritakan pencapaiannya diusahakan dengan tekun belajar dan berusaha semaksimal mungkin, termasuk sejak awal sudah menargetkan nilai yang sebaik-baiknya.

Dalam belajar menghadapi ASPD, Admiralty memiliki strategi tersendiri, mulai dari mencari dan membaca materi, latihan mengerjakan soal serta mengoreksinya. Misalnya ada soal yang sulit terus dieksplorasi dengan bertanya kepada guru maupun materi secara daring.

Selain usaha dalam belajar, Admiralty juga mengiringinya dengan ibadah yang giat. Seperti rajin tahajud, mengaji dan berdoa terus digiatkan sehingga dapat diberikan kekuatan dalam mengerjakan ujian.

Sementara itu, Admiralty mengakui sempat mengalami kesulitan dalam mata ujian literasi bahasa. Hambatan ini bukan menjadi penghalang bagi Admiralty dengan mengerjakan soal dengan lebih teliti lagi. “Pas selama tryout tidak mendapat nilai sempurna di literasi bahasa, pas ujian sekolah dan ASPD saya hati-hati bacanya sehingga akhirnya bisa mendapat nilai 100,” tuturnya.

Peraih medali emas Kompetisi Matematika tingkat nasional ini berterima kasih kepada orang tua dan guru yang sudah mendukungnya. “Orangtua sering menyiapkan soal-soal serta mendoakan juga. Kalau dari sekolah sudah ada pembinaan pagi dan sore, guru-gurunya juga kapan saja bisa dihubungi buat nanyain soal-soal atau materi yang belum paham,” pungkas Admiralty. (Riz)

Exit mobile version