UM Metro Peraih Hibah PKM 8 Bidang Terbanyak Tingkat LLDIKTI Wilayah II

UM Metro Peraih Hibah PKM 8 Bidang Terbanyak Tingkat LLDIKTI Wilayah II

METRO, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Metro dengan bangga mengumumkan bahwa 12 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 bidang yang diajukan oleh mahasiswa UM Metro untuk tahun 2023 telah berhasil lolos dalam seleksi dan mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KemdikbudRistek) Republik Indonesia.

Angka di atas berdasarkan Surat Pengumuman dari Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan KemdikbudRistek tentang Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang Tahun 2023 pada 15 Juni 2023. Pengumuman ini sekaligus menempatkan UM Metro sebagai peraih hibah PKM terbanyak tingkat LLDIKTI Wilayah II.

PKM adalah program yang diinisiasi oleh KemdikbudRistek RI untuk memberikan dukungan dan peluang kepada mahasiswa dalam mengembangkan kreativitas, inovasi, dan penelitian. Melalui program ini, mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dr. Nyoto Suseni, M.Si. selaku Rektor UM Metro menyatakan kebanggaannya atas keberhasilan mahasiswa dalam meraih pendanaan dari KemdikbudRistek RI.

“Kami bangga melihat mahasiswa kami terus berinovasi dan berkontribusi dalam mengembangkan solusi kreatif untuk berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. Kami berterima kasih kepada KemdikbudRistek RI atas dukungannya dalam mewujudkan visi dan misi pendidikan tinggi di Indonesia,” ujarnya.

Program Kreativitas Mahasiswa ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan ide-ide inovatif mereka dalam pengembangan berbagai bidang, seperti teknologi, kesehatan, lingkungan, sosial, dan ekonomi. UM Metro berharap bahwa keberhasilan ini akan menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Adapun daftar 12 proposal PKM 8 Bidang UM Metro yang berhasil lolos dan mendapatkan pendanaan antara lain: (1) “Inovasi Honey Curcuma Moringa Leaves Langkah Awal Cegah Stunting” – Ketua Tim: Ni Wayan Amelia Putri. (2) “Inovasi Pembuatan Lilin Aromaterapi Berbahan Dasar Minyak Jelantah dan Kayu Manis Sebagai Terapi Relaksasi” – Ketua Tim: Fadila Sicilia Mahardhika. (3) “Inovasi Sketchbook karya seni dengan Teknik Ecopart berbahan dasar limbah kertas sebagai alternatif ekonomi kreatif” – Ketua Tim: Putri Zahra Kurnia. (4) “KUKU NAGA (Kerupuk Kulit Buah Naga)” – Ketua Tim: Fitria Dewi Puji Astuti. (5) “LICA (Limbah Kaca) Sebagai salah satu Inovasi Bahan Kerajinan Akrilik” – Ketua Tim: I Gede Rian Ompi Pratama

Berikutnya ada (6) “Penerapan Teknologi Influencer Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital Produk Allysa Tapis Melalui Media Sosial Instagram” – Ketua Tim: Azimatu Al Munawwaroh. (7) “Birokrasi digital dengan mengimplementasikan Aplikasi berbasis singgel identity di Rukun Tetangga yosomulyo Metro Lampung” – Ketua Tim: Yuliyanti. (8) “Media Serbaneka: Solusi Mempertahankan Aksara Tradisional Lampung” – Ketua Tim: DIANA PUSPITA. (9) “Program Kecakapan Hidup Bagi Anak Panti Asuhan Tuma’ninah Yasin Melalui Pelatihan Pembuatan Buket Bunga Pelepah Pisang” – Ketua Tim: Rizky Yanuar Dwi Kurniawan. (10) “Transfer Iptek Melalui E-Posyandu Sebagai Upaya Peningkatan Peran Masyarakat Desa Rengas Dalam Membangun Efikasi Kader” – Ketua Tim: Muhammad Hafidh ZULKARNAIN. (11) “Pengembangan Aplikasi Android berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Baris dan Deret Aritmatika di SMP Negeri 10 Metro Lampung” – Ketua Tim: Amrih Sugiharti. (12) “Pengembangan Interactive Learning Modul (Ilm) Berbasis Masalah Berimplementasi pada Project Menggunakan Flipbook “ – Ketua Tim: Rani Fajar Wati.

Dari 12 proposal PKM di atas, 5 diantaranya masuk dalam skim PKM Bidang Kewirausahaan (PKMK), 1 proposal skim PKM Bidang Penerapan Iptek (PKMPI), 4 proposal skim PKM Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKMPM), dan 2 proposal skim PKM bidang Riset Sosial Humaniora (PKMRSH).

Exit mobile version