Sastra Inggris FSBK UAD Benchmarking di FIB UNDIP

Sastra Inggris FSBK UAD Benchmarking di FIB UNDIP

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan (FSBK-UAD) melakukan benchmarking di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro (FIB UNDIP) Semarang pada Rabu, 21 Juni 2023. Kegiatan disambut hangat oleh keluarga FIB UNDIP yang terdiri dari Dr. Nurhayati, M. Hum., (Dekan), Dr. Alamsyah. M. Hum., (Wakil Dekan I), Dr. Suhayono, M. Hum., (Wakil dekan II), Dr. Oktiva Herry Candra, M. Hum., (Ketua Prodi S1 Sastra Inggris), Dr. Catur Kepirianto, M. Hum (Sekretaris Prodi S1 Sastra Inggris), Dr. Agus Subiyanto, M.A (Ketua Prodi S2 Linguistik), Asep Susanto., S.E., M.Si. (Manajer Tata Usaha), Endang Purwaningsih, S. Si., (Supervisor Akamawa), Dwiyani., SE. (Supervisor Sumber Daya), dan Fajrul Falah., M. Hum. (Ketua UP3).

Adapun jajaran dosen dari Program Studi Sastra Inggris FSBK UAD yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Dr. Kasiyarno, M.hum selaku dosen senior, Ajar Pradika Ananta Tur S.S., M. A. selaku Wakil Dekan II, Drs. Maftukhin M. Hum., selaku ketua Jurusan Program Studi Sastra Inggris dan Muhammad Hafiz Kurniawan, S.S., M.A. selaku Sekretaris Program Studi Sastra Inggris. Selain itu turut hadir dalam mendukung kegiatan yaitu Ulaya Ahdiani, M. Hum, sebagai wakil dari Pengendali Sistem Mutu Fakultas, Erik Taufani Somae, S.H.I, M.H., Lazuar Azmi Zulferdi, S.S., M.Appl.Ling., Zanuwar Hakim Atmantika, S. Pd., M.A, dan Dr. Wiwiek Afifah, S.Pd., M.Pd.

Setelah sambutan dan pemaparan tentang deskripsi lengkap seluruh Program Studi di FIB dan implementasi MBKM oleh Dekan FIB UNDIP, Wakil Dekan II FSBK-UAD, Ajar Pradika Ananta Tur S. S., M. A. memberikan sambutan dan pengantar terkait tujuan utama dari benchmarking tersebut. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih karena FIB-UNDIP dengan tangan terbuka menerima kunjungan dari Sastra Inggris FSBK-UAD. Dalam sambutannya, isu yang akan dibahas dalam benchmarking adalah strategi penyusunan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) untuk melakukan konversi peringkat akreditasi dari A ke Unggul, strategi dalam pelacakan jejak lulusan/alumni melalui Tracer Study dan implementasi MBKM. Diskusi diselenggarakan dengan model focus group discussion dan sharing knowledge.

Dr. Alamsyah M. Hum., selaku Wakil Dekan I dan Dr. Suharyo, M.Hum., selaku Wakil Dekan II menjelaskan strategi pelaksanaan MBKM selama 4 tahun dan kriteria sistem penilaian yang disesuaikan dengan peraturan – peraturan terbaru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka juga memberikan penjelasan lengkap terkait dengan berbagai hal yang telah dihadapi dan dipersiapkan oleh seluruh program studi di bawah FIB UNDIP dalam mempersiapkan akreditasi menuju unggul dan terakreditasi internasional. Dr. Oktiva Herry Candra, M.Hum., selaku Ketua Prodi Sastra Inggris juga memberikan gambaran dinamika pelaksanaan MBKM dan strategi memotivasi serta memberikan pengertian kepada mahasiswa secara intensif selama berpartisipasi dalam program BMKM.

Selanjutnya, Endang Purwaningsih, S.Si., selaku Supervisor Akamawa memberikan penjelasan dua strategi yang telah diterapkan oleh UNDIP untuk mengumpulkan data para alumni melalui tracer study. Adapun strategi yang dimaksud adalah menghubungi para alumni secara rutin dan mengingatkan mereka untuk mengupdate data melalui Single Sign On (SSO). Strategi yang ke dua adalah sinergi antara kaprodi, sekretaris prodi serta para staf administrasi. Strategi tersebut berhasil dan terbukti mampu mengumpulkan data sebanyak 95%.

Kegiatan benchmarking berjalan lancar, seluruh jajaran struktural  FIB UNDIP memberikan informasi yang cukup lengkap. Sebagai penutup kegiatan, Wakil Dekan II FSBK UAD mengucapkan terima kasih dan menyatakan bahagia serta optimis bahwa Program Studi Sastra Inggris FSBK-UAD akan dapat mengikuti jejak Prodi-Prodi FIB UNDIP yang telah berhasil dan meraih akreditasi Unggul / Akreditasi International. Melalui pemaparan dan sharing knowledge tersebut Prodi juga dapat belajar bagaimana mengumpulkan data dari para alumni serta mampu mengimplementasikan MBMK menjadi lebih baik. Dalam closing remark, beliau juga menyampaikan bahwa para dosen Prodi Sastra Inggris FSBK-UAD dapat belajar banyak dari kegiatan tersebut sehingga rencana Fakultas untuk membuka Program Studi Pasca Sarjana untuk kajian Linguistik Forensik akan segera dapat direalisasikan.

Exit mobile version