MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon, Madrasah Digital Dengan Prestasi Nasional

MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon, Madrasah Digital Dengan Prestasi Nasional

MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon, Madrasah Digital Dengan Prestasi Nasional

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 5 Gendongkulon Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan didirikan pada tahun 1995 dan mendapatkan ijin operasional pada tahun 1997. Awal mulanya MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon adalah hanya sebuah pondok mengaji yang dikelola oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Gendongkulon Cabang Babat yang pengasuhnya adalah para ustadz yang didatangkan dari Paciran Lamongan. Dalam perkembangannya pondok mengaji tersebut pada akhirnya dijadikan Pendidikan formal berbentuk Madrasah Ibtidaiyah.

Adapun yang pernah memimpin MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon adalah Muhammad Yani, S.Ag tahun 1995-2000, Mukhsin, S.Ag tahun 2000-2017, Nurkholis Majid, S.Pd.I tahun 2017–sekarang. Dalam perkembangannya MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon pada tahun 2021 merupakan salah satu madrasah di kabupaten Lamongan yang memperoleh nominasi sebagai Madrasah Digital dari Kementerian Agama Propinsi Jawa Timur. Sehingga slogan Madrasah Digital inilah yang saat ini selalu didengungkan oleh MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon.

MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon yang beralamat di Jalan Masjid Mujahidin Nomor 61 Gendongkulon ini terakreditasi – A dengan Nomor Statistik Sekolah 111235240231. Tenaga pendidik yang terlibat sebanyak 10 orang. Visi MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon adalah mewujudkan madrasah yang religius, mandiri, inovatif dan berprestasi.

Sedangkan misi MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon adalah sebagai berikut. Pertama, menanamkan keimanan dan ketakwaan melalui kegiatan pembiasaan keagamaan dan pengamalan ajaran agama yang berbudi pekerti.
Kedua, mengoptimalkan kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter bagi peserta didik untuk memiliki Karakter Religius, Nasionalisme, Gotong Royong, Integritas dan Mandiri. Ketiga, meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan berbagai inovasi pendidikan dan pembelajaran.

Keempat, mengembangkan model-model pembelajaran inovatif untuk memperkuat sinergitas kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual siswa. Kelima, mewujudkan siswa berprestasi akademik dan non akademik sebagai bekal melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon sangat aktif mengikuti even lomba tingkat kabupaten Lamongan, lomba tingkat karisidenan Bojonegoro, lomba tingkat provinsi Jawa Timur bahkan tingkat nasional. Dalam lomba Olimpiade Sain dan Matematika beberapa kali mendapat juara tingkat nasional.

Prestasi Siswa, Guru, dan Madrasah

Pada Tahun 2021 MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon mendapatkan penghargaan dari Kementerian Agama Propinsi Jawa Timur sebagai Madrasah digital. Adapun prestasi siswa mulai event Kabupaten, Propinsi ataupun secara Nasional pada tahun 2022 sampai tahun 2023 ada 23 prestasi tingkat Nasional, 4 prestasi tingkat Propinsi dan 7 prestasi tingkat kabupaten.

Diantara beberapa prestasi siswa MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon salah satunya adalah Juara 2 Olimpiade Matematika Level 1 Nasional ( 2022), Juara 3 Olimpiade Sains Level 1 Nasional (2022), Juara 2 Olimpiade Matematika Level 1 Karesidenan Bojonegoro (2022), Juara 1 Olimpiade Sains Level 1 Karesidenan Bojonegoro (2022), Juara 1 Olimpiade Sains Level 4 Karesidenan (2022), Juara 1 Olimpiade Sains Level 1 Nasional (2022), Juara 3 Olimpiade Sains Level 1 Nasional (2022), Juara 2 Olimpiade IPA Kelas 2 propinsi (2022), peraih medali perunggu olimpiade Sains Level 1 propinsi (2022) peraih medali perunggu olimpiade sains nasional (2023), peraih medali perunggu OMNAS 12 tingkat proponsi ( 2023 ), dan juara 2 Olimpiade Sains Level 2 Nasional (2023)

“Dengan prestasi tingkat kabupaten sampai tingkat nasional ini, tentu merupakan kebanggaan tersendiri bagi MI Muhammadiyah 5 Gendongkulon,” pungkas Nurkholis Majid Kepala MI Muhammadiyah Gendongkulon. (Fathurrahim Syuhadi)

Exit mobile version