Musycab PCM – PCA Palang Memperkuat Militansi Kader

Musycab PCM - PCA Palang Memperkuat Militansi Kader

TUBAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Palang, Kabupaten Tuban, menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) sebagai upaya untuk mengukur keaktifan organisasi serta melakukan regenerasi kepemimpinan yang efektif.

Acara Muscab bersama bertajuk “Memperkuat Militansi Kader sebagai Pilar Dakwah Muhammadiyah” ini digelar pada Ahad (25/6/2023) di Halaman perguruan Muhammadiyah Lerankulon.

Beberapa tokoh penting hadir dalam acara ini, antara lain Wakil Ketua PWM Jawa Timur, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tuban, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Tuban, Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Palang, Pengurus Muslimat NU Palang, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Palang.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Palang, Irsyad Ridho, menyampaikan rangkaian kegiatan telah dilakukan oleh PCM Palang sebagai bagian dari syiar Muscab.

“Untuk menyambut Muscab yang ke 12 ini diawali dengan berberapa kegiatan. Di antaranya adalah Muspimcab, Seminar Ekonomi dan gowes Pancalmu yang tidak hanya diikuti oleh warga Muhammadiyah Palang saja, ada juga dari luar Tuban seperti Surabaya dan juga Bojonegoro,”ungkapnya.

Ia juga menekankan pentingnya regenerasi kepemimpinan dalam menjaga kontinuitas dan keberlanjutan organisasi Muhammadiyah di Palang.

Tak lupa ia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang berkontribusi dalam mensukseskan perhelatan tersebut.

Masrukin, selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tuban, memberikan arahan kepada PCM Palang untuk segera mendirikan Ranting di seluruh desa yang ada di Kecamatan Palang.

Hal ini bertujuan untuk memperluas jangkauan Muhammadiyah dan memperkuat struktur organisasi di tingkat akar rumput.

“Jumlah warga Muhammadiyah yang ada di Palang lebih banyak dibandingkan dengan cabang lain, kami bangga,”Ucapnya.

“Kami belum puas jika Cabang Palang ini belum bisa mewujudkan semua desa itu ada rantingnya. Jadi kami harapkan pimpinan ke depan hendaknya diwujudkan,”harapnya.

Dengan adanya Ranting di setiap desa, diharapkan Muhammadiyah dan Aisyiyah dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pembangunan masyarakat.

Di samping dia merasa bangga, Masrukin juga berharap, PCM dan PCA Palang menjadi pembina bagi PCM dan PCA di sekitarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Muhammad Sulthon Amien, berharap Muscab ini dapat menghasilkan program kerja yang lebih dari sekadar daftar keinginan. Ia menekankan pentingnya mengimplementasikan program-program yang berkualitas dan relevan dengan kondisi masyarakat setempat.

Dengan demikian, Muhammadiyah Palang dapat menjadi kekuatan positif yang mampu memberikan dampak nyata bagi pembangunan di kecamatan itu.

“Ibarat sebuah rumah tangga itu bisa didekati keseluruhan dari anggotanya. Dari mulai bapak, ibu, anak-anaknya yaitu Ortom mulai dari Pemuda sampai IPM,”ujar Sulthon.

“Muscab ini digagas supaya didalamnya punya program-program yang maton (bagus). Jangan hanya program-program yang menjadi daftar keinginan,” imbuhnya.

Muscab Pimpinan Cabang Muhammadiyah Palang ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam meningkatkan keaktifan organisasi serta menyiapkan generasi penerus yang kompeten dan berdedikasi. Dengan demikian kelangsungan dan kemajuan Muhammadiyah di Palang akan lebih baik. (Iwan Abdul Gani)

Exit mobile version