Tim QurbanMu PRM Sodong Dorong Warga Sadar Berqurban

Tim QurbanMu PRM Sodong Dorong Warga Sadar Berqurban

BATANG, Suara Muhammadiyah – Himpitan ekonomi dan beratnya beban hidup tidak menyurutkan semangat  warga Muhammadiyah Ranting Sodong, Wonotunggal, Batang, Jawa Tengah  untuk melaksanakan ibadah Qurban. Pada perayaan Idul Adha 1444 H ini, Tim QurbanMu PRM Sodong menerima amanat menyembelih 4 ekor sapi.

Dari jumlah itu dapat dikatakan, persentase kesadaran berqurban warga ranting tersebut sekitar 40 persen dari total warga Muhammadiyah dari 70-an KK, yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

Tim QurbanMu PRM Sodong berusaha mendorong warga Muhammadiyah setempat untuk melaksanakan ibadah Qurban secara kontinyu dengan menfasilitasi warga untuk menabung, kemudian hasilnya dibelikan hewan ternak bagi yang nominalnya sudah tercapai.

Tim QurbanMu (Qurban Muhammadiyah) telah berjalan enam tahun. Tim QurbanMu adalah semacam panitia tetap yang bertugas mengurusi pelaksanaan qurban, mulai penyediaan hewan, menyembelih dan mendistribusikan daging kepada penerima manfaat.

Awalnya Tim QurbanMu ini bekerja untuk lingkup desa setempat, namun akhirnya mendapat kepercayaan dari luar kecamatan. Tahun 2023 Tim QurbanMu mendapatkan kepercayaan di sejumlah titik penyembelihan di tiga kecamatan masing-masing Tulis, Bandar dan Wonotunggal.

Tim QurbanMu yang diketuai Muhammad Khanif ini beranggotakan sekitar 60 orang senior dan yunior. “Kami melibatkan anak-anak remaja yang  saat ini libur sekolah untuk ikut terlibat dalam kepanitiaan sebagai kaderisasi. Agar mereka tahu manajemen pelaksanaan Qurban,” ujar Muhammad Khanif.

Harapan ke depan Tim QurbanMu dapat berperan lebih optimal dalam menjalankan amanatnya sehingga dapat dijadikan media adukasi dan sarana dakwah tentang pentingnya manajemen pelaksanaan Qurban yang tertib dan sesuai syariat. (Kawe).

Exit mobile version