Ribuan Warga Muhammadiyah Shalat Idul Adha di Kampus Umri

Ribuan Warga Muhammadiyah Shalat Idul Adha di Kampus Umri

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Ribuan warga Muhammadiyah melaksanakan sholat Idul Adha 1444 Hijiriah di Kampus Universitas Muhammadiyah Riau Jalan Tuanku Tambusai pada Rabu (28/6/2023). Seluruh warga Muhammadiyah diseluruh Indonesia serentak merayakann Idul Adha yang jatuh pada 10 Zulhijjah 1444 Hijriyah atau bertepatan Rabu (28/6/2023).

Sholat Idul Adha dimulai pada pukul 7:15 wib, dengan khatib Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA, dan imam sholat Idul Adha Harri Muswen yang pernah menjadi qori nasional.

Dalam khutbah Dr Saidul Amin MA mengajak agar umat muslim agar Idul Adha 1444 hijiriah menjadi renungan untuk menanam, memupuk, memelihara serta mengekalkan nilai-nilai dan hikmah qurban dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu ia menyampaikan bahwa umat mulsim harus mencontoh pengorbanan Nabi Ibrahim AS, tauladan Siti Hajar yang mengorbankan anaknya, serta Ismail yang rela menjadi qurban untuk melaksanakan perintah Allah SWT.

Ia juga mengajak kepada masyarakat untuk kembali kepada nilai-nilai dan hikmah berqurban dalam kehidupan sehari-hari tanpa melihat profesi ataupun posisi.

“Saat ini pengorbanan yang kita lakukan tidak perlu menyembelih anak sendiri, akan tetapi berkurbanlah dengan menyembelih seekor kambing untuk seorang atau seekor sapi dan kerbau untuk tujuh orang. Jika setiap hari menabung Rp 7 ribu maka tahun akan datang Insya Allah akan menjadi peserta kurban,” ajaknya.

Hikmah terbesar dari ibadah qurban yakni bagaimana kerelaan hati untuk memberikan sesuatu yang kita sayangi untuk Allah SWT

“Inilah hakikat dari pengorbanan itu di mana setiap kita punya peranan untuk menyumbangkan tenaga dan segenap usaha demi memperjuangkan Islam dan umat Islam serta kejayaan agama Allah masa kini dan akan datang,” kata Saidul.

Selain sebagai tempat sholat Idul Adha, Umri juga melakukan pemotongan hewan qurban. Jumlah hewan kurban yang dipotong pada idul adha tahun ini sebanyak 9 ekor sapi.

Exit mobile version