Iman dan Amal Shalih

iman

Foto Ilustrasi

Iman dan Amal Shalih

Oleh: Suko Wahyudi

Iman merupakan perkara penting dalam kehidupan manusia . Tanpa adanya iman manusia akan terombang ambing tak tentu arah dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Iman adalah petunjuk sekaligus cahaya bagi hati, perekat kebahagiaan dan tempat bergantungnya keselamatan di dunia dan akhirat.

وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ فِيْكُمْ رَسُوْلَ اللّٰهِ ۗ لَوْ يُطِيْعُكُمْ فِيْ كَثِيْرٍ مِّنَ الْاَمْرِ لَعَنِتُّمْ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ حَبَّبَ اِلَيْكُمُ الْاِيْمَانَ وَزَيَّنَهٗ فِيْ قُلُوْبِكُمْ وَكَرَّهَ اِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوْقَ وَالْعِصْيَانَ ۗ اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الرَّاشِدُوْنَۙ (٧)

Dan ketahuilah bahwa di tengah-tengah kamu ada Rasulullah. Kalau dia menuruti (kemauan) kamu dalam banyak hal, pasti kamu akan mendapatkan kesusahan. Tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan, dan menjadikan (iman) itu indah dalam hatimu, serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus. (Al-Hujurat [49]: 7)

يَمُنُّوْنَ عَلَيْكَ اَنْ اَسْلَمُوْا ۗ قُلْ لَّا تَمُنُّوْا عَلَيَّ اِسْلَامَكُمْ ۚبَلِ اللّٰهُ يَمُنُّ عَلَيْكُمْ اَنْ هَدٰىكُمْ لِلْاِيْمَانِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ (١٧)

Mereka merasa berjasa kepadamu dengan keislaman mereka. Katakanlah, “Jangan kamu merasa berjasa kepadaku dengan keislamanmu, sebenarnya Allah yang melimpahkan nikmat kepadamu dengan menunjukkan kamu kepada keimanan, jika kamu orang yang benar.” (Al-Hujurat [49]: 17)

Jiwa tanpa iman selalu berada dalam kegelisahan, kegoncangan, kebingungan, dan ketakutan. Ia laksana kapal yang diombang-ambingkan badai di tengah lautan. Ia bergoyang-goyang ke kanan dan ke kiri searah dengan deru angin. Dan yang dapat menghapus kegelisahan dan kegundahan ini dari jiwa manusia hanyalah iman. Karena itu tidak ada jalan lain untuk menuju ketenangan pribadi dan masyarakat kecuali dengan iman dan ketundukan kepada Allah SwT.

Iman adalah cahaya terang yang menerangi hati dan memberikan inspirasi positif bagi seseorang. Ia akan mewarnai jiwa manusia sehingga jelaslah tujuan hidup dan jalan yang ditempuhnya. Berubah tingkah laku, pandangan hidup, dan membangkitkan jiwa seseorang untuk hijrah dari gelapnya dunia jahiliyah menuju terangnya dunia keimanan.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَاٰمِنُوْا بِرَسُوْلِهٖ يُؤْتِكُمْ كِفْلَيْنِ مِنْ رَّحْمَتِهٖ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ نُوْرًا تَمْشُوْنَ بِهٖ وَيَغْفِرْ لَكُمْۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌۙ (٢٨)

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya (Muhammad), niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepada dua bagian, dan menjadikan cahaya untukmu yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan serta Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (Al-Hadid [57]: 28)

Iman bukanlah semata-mata perkataan “saya beriman”. Banyak orang yang mengaku beriman tapi hatinya tidak percaya. Iman bukan pula mengerjakan amal dan syariat yang biasa dikerjakan oleh orang-orang beriman, karena banyak orang mengaku beriman tapi hatinya tidak percaya, juga banyak orang yang lahirnya mengerjakan ibadah tapi hatinya kosong dari kebaikan dan keikhlasan. Iman sesungguhnya adalah gabungan dari keyakinan dalam hati yang diikrarkan dengan lisan dan diamalkan dengan anggota badan.

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗ اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الصّٰدِقُوْنَ (١٥)

Sesungguhnya orang-orang mukmin yang sebenarnya adalah mereka yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu, dan mereka berjihad dengan harta dan jiwanya di jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar. (Al-Hujurat [49]: 15)

Yang dimaksud pengucapan dengan lisan adalah kesaksian bahwa tidak ada yang berhak disembah dengan hak kecuali Allah SwT dan bahwasannya Muhammad SaW adalah utusan Allah. Juga meyakini hal itu di dalam hati. Sedangkan yang dimaksud mengamalkan dengan anggota badan melaksanakan perintah-perintah-Nya baik yang sunnah maupun yang wajib dan menjauhi segala yang dilarang-Nya.

لَيْسَ الْبِرَّاَنْ تُوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَالْمَلٰۤىِٕكَةِ وَالْكِتٰبِ وَالنَّبِيّٖنَ ۚ وَاٰتَى الْمَالَ عَلٰى حُبِّهٖ ذَوِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِۙ وَالسَّاۤىِٕلِيْنَ وَفىِ الرِّقَابِۚ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ ۚ وَالْمُوْفُوْنَ بِعَهْدِهِمْ اِذَا عَاهَدُوْا ۚ وَالصّٰبِرِيْنَ فِى الْبَأْسَاۤءِ وَالضَّرَّاۤءِ وَحِيْنَ الْبَأْسِۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ صَدَقُوْا ۗوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُتَّقُوْنَ (١٧٧)

Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat- malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan salat dan menunaikan zakat, orang- orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. (Al-Baqarah [2]: 177)

Rasulullah SaW bersabda,

Iman itu ada tujuh puluh sekian cabang atau enam puluh sekian cabang. Yang tertinggi adalah ucapan Laa ilaaha illallah, dan yang terendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Malu adalah salah satu cabang iman. (HR. Bukhari-Muslim)

Apabila tidak ada pembenaran di dalam hati, maka ikrar dan amalnya akan sia-sia. Apabila ada keyakinan di dalam hati, namun tidak disertai dengan amal anggota badan maka iman pun akan hilang. Iman bukanlah sekedar keyakinan, melainkan sejatinya iman adalah keyakinan yang berkonsekwensi pada ketaatan dan ketundukan.

Iman adalah meyakini Allah SwT sebagai Tuhan alam semesta dan membenarkan semua yang dibawa oleh Rasulullah SaW dengan disertai penerimaan yang tulus dan penuh ketundukan. Hanya meyakini kebenaran Rasulullah SaW saja tidak cukup menjadi keselamatan bagi seorang hamba dan dikategorikan sebagai seorang mukmin. Orang-orang Yahudi telah meyakini kebenaran Rasulullah SaW dan menyaksikan mukjizat beliau. Mereka telah membuktikan adanya sifat-sifat beliau yang telah Allah terangkan di dalam Taurat. Namun, dengan semua itu tetaplah mereka bukan orang-orang yang beriman.

Oleh karena iman meliputi keyakinan di dalam hati, ucapan dan perbuatan maka iman tidak akan mendatangkan kebahagiaan kecuali dengan mewujudkan keimanan tersebut dalam amal nyata yang berupa amal shalih. Demikian sebaliknya seseorang yang bersungguh-sungguh dalam beramal shalih namun dia tidak mempunyai iman, maka dia tidak akan mendapatkan kebaikan dalam hidupnya. Allah SwT berfirman,

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ (٩٧)

Barangsiapa yang mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (An-Nahl [16]: 97)

Menurut Ibnu Katsir, ayat ini merupakan janji Allah bagi mereka yang mengerjakan amal shalih disertai iman, yakni meraih kehidupan yang baik di dunia dan kelak memperoleh pahala yang berlimpah di akhirat. Dalam ayat ini pula Allah SwT menegaskan makna dan arah hidup seorang muslim, yakni meraih kehidupan yang baik dan pahala yang baik.

Dalam ayat tersebut Allah SwT menjanjikan kehidupan yang baik dan pahala bagi orang beramal shalih baik laki-laki maupun perempuan yang didasarkan atas iman. Kehidupan yang baik adalah kehidupan yang nyaman dan sejahtera tidak diliputi kesedihan dan kecemasan. Namun perlu diketahui bahwa kehidupan yang baik bukan berarti kehidupan mewah tanpa ujian, tetapi ia adalah kehidupan yang diliputi rasa lega, kerelaan, serta kesabaran dalam menerima cobaan dan rasa syukur ketika menerima nikmat dari Allah SwT. Dengan demikian tidak ada rasa takut dan kesedihan hati karena dia meyakini bahwa dibalik ketentuan-Nya adalah pahala yang menanti.

Dalam ayat tersebut dinyatakan bahwa hidup yang baik hanya diberikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal shalih. Berkaitan dengan hal ini, dalam surat Al-Baqarah ayat 62 dinyatakan bahwa orang yang beriman dan beramal shalih mendapatkan tiga perolehan: pahala dari Tuhan mereka, tidak mengalami ketakutan, dan tidak bersedih hati.

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَالَّذِيْنَ هَادُوْا وَالنَّصٰرٰى وَالصَّابِــِٕيْنَ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَعَمِلَ صَالِحًا فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ (٦٢)

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang sabi’in, siapa saja (di antara mereka) yang beriman kepada Allah dan hari akhir, dan melakukan kebajikan, mereka mendapat pahala dari Tuhannya, tidak ada rasa takut pada mereka, dan mereka tidak bersedih hati. (Al-Baqarah [2]: 62)

Seorang mukmin yang ingin hidupnya baik haruslah beriman dan beramal shalih. Amal shalih adalah amal yang sesuai dengan perintah Allah SwT dan sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SaW. Karena amal ibadah tidak akan diterima melainkan sesuai dengan apa yang dituntunkan Rasulullah SaW. Bahkan amalan-amalan yang dikerjakan tanpa adanya petunjuk dari Rasulullah SaW akan membuat pelakunya semakin jauh dari Allah.

Ibnu Rajab Al-Hambali mengatakan, ‘’sebagaimana halnya bahwa setiap amal yang tidak diniatkan karena wajah Allah SwT maka pelakunya tidak mendapatkan pahala, maka demikian pula setiap amalan yang bukan perintah Allah dan Rasul-Nya adalah tertolak atas pelakunya, dan setiap orang yang mengada-ada dalam urusan agama yang tidak diperkenankan Allah dan Rasul-Nya maka itu bukan termasuk agama sedikit pun.

Iman dan amal shalih merupakan syarat pokok untuk mewujudkan kehidupan yang baik, dan keduanya menjadi modal utama bagi setiap muslim. Iman bukan sekedar meyakini adanya Allah SwT dengan segala keesaan-Nya, tetapi iman juga berkaitan dengan segala kebajikan yang ada di muka bumi ini, seperti berbakti kepada kedua orangtua, mendidik anak, menyelamatkan kehidupan umat manusia dari kerusakan, bahkan mencintai sesama muslim pun termasuk iman. Rasulullah SaW bersabda,

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Tidak sempurna keimanan seseorang dari kalian, sebelum ia mencintai saudaranya (sesama muslim) sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. (HR. Bukhari-Muslim)

Demikianlah iman dan amal shalih, dengan keduanya kehidupan seorang mukmin akan senantiasa tuma’ninah lahir dan batin, yang diliputi ke;apangan hati dan kebahagiaan hakiki. Karena itu seorang mukmin sejati tidak akan cemas, resah, dan diliputi ketakutan karena semua yang dilakukannya senantiasa dilandasi iman yang kuat dan jiwa yang ikhlas. Ketika berhasil apa yang dilakukan akan disyukuri sebagai nikmat dari Allah. Kalaupun gagal akan dihadapi dengan sabar sebagai ujian dari Allah, yang akan Allah ganti dengan yang lebih baik di akhirat. Inilah kunci kebahagiaan seorang muslim dalam menjalani hidup di dunia, dan di akhirat kelak mendapatkan kebahagiaan sejati berupa kehidupan surgawi tempat segala kenikmatan. Wallahu A’lam.

Suko Wahyudi, PRM Timuran Yogyakarta

Exit mobile version