Khitan Gratis, Dakwah Kesehatan IMM Enrekang 

Khitan Gratis, Dakwah Kesehatan IMM Enrekang 

ENREKANG, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Enrekang menggelar kegiatan bakti sosial berupa sunatan gratis di Desa Ledan, Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enrekang, digelar Sabtu, 1 Juli 2023.

Kegiatan Baksos tersebut, dikemas melalui Program Tolong Menolong dan Bantu Membantu (Tobana).

“Sebagai Ortom, kami bergerak membawa misi dakwah, termasuk dalam bidang kesehatan. Termasuk mendakwahkan pentingnya sunat bagi setiap keluarga Muslim. Makanya kami menginisiasi acara ini,” ujar Rusman selaku Ketua PC IMM Enrekang.

Sementara itu, Baharuddin, selalu pimpinan Baznas Enrekang, mengungkapkan bahwa kegiatan itu merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah melalui Baznas Enrekang terhadap masyarakat kurang mampu.

“Buktinya, jumlah peserta sunatan massal kali ini sekitar 60 orang dari Desa Ledan, dengan mayoritas usia kelas 9 atau kelas 3 SMP,” ujar Baharuddin.

Mereka mengalami keterlambatan sunat, lanjutnya, karena alasan biaya yang mahal, yaitu sekitar 800 ribu hingga 1 juta rupiah per orang. Oleh karena itu, kehadiran program sunatan gratis ini sangat meringankan beban masyarakat Muslim yang kurang mampu di Desa Ledan.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari komunitas Sunnat Modern, yang sejak awal bekerjasama dengan Baznas Enrekang. Hingga saat ini, kolaborasi tersebut telah berhasil menyunnatkan secara gratis hampir 3000 anak-anak kurang mampu.

Seluruh komponen terlibat dalam kegiatan ini, termasuk tim medis dan perawat. Biaya yang ada hanya digunakan untuk obat-obatan, peralatan medis, dan makanan serta minuman di lokasi. Lebih banyak bergantung pada swadaya dan niat amal ibadah yang tulus demi keridhaan Allah SWT.

Sementara itu, pada hari yang sama, sedang berlangsung Musyawarah Cabang ke-8 Muhammadiyah Pasui, Enrekang. Acara itu dihelat tak jauh dari lokasi baksos.

Exit mobile version