Mahasiswa PGSD FKIP UM Kupang Lolos Seleksi Nasional KKN Bahari

Mahasiswa PGSD FKIP UM Kupang Lolos Seleksi Nasional KKN Bahari

Aktifitas mahasiwa KKN Bahari 2023

KUPANG, Suara Muhammadiyah – Kupang, kabar menggembirakan atas prestasi yang diraih oleh Mega M Saleh salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Kupang lulus seleksi pada program kuliah Kerja Nyata Bahari Tingkat Nasional 2023.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bahari adalah program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia dengan fokus pada isu-isu terkait dengan laut dan kelautan. Program ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif dalam pengelolaan sumber daya laut, konservasi lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat pesisir.

Mega M Saleh mahasiswa Semester VI Prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Kupang , merasa bangga atas prestasi yang di raihnya dan bisa bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bahari Nasional berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ternama di Indonesia dianatara UHAMKA, UMC, Universitas Muhammadiyah Kupang dan UMBARA.

Program yang akan di unggulkan adalah Memberikan program bimbingan belajar secara gratis kepada anak-anak di Sekolah Negeri 01 Atap Pulau Pari, kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia, sebagai implementasi Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) , kegiatan akan dilaksankan selama 7 hari dengan cara mengadakan bimbingan belajar ini kiranya dapat membantu para siswa kesulitan dalam belajar dan selain itu kita dapat membantu siswa ketika ada tugas rumah yang belum selesai atau di belum mengerti serta kita membantu para guru dalam perannya sebagai pengajar.

Untuk mendukung program dan sekaligus memotivasi peserta didik di berikan buku dan alat tulis sehingga para peserta didik binaan menjadi senang apalagi di akhir kegiatan kami menyediakan berbagai macam hadiah.

“ Semoga KKN Bahari ini bisa bermanfaat dan berbagi ilmu pengetahuan untuk para siswa SD Negeri 01 Atap Pulau Pari Ucapnya .

Lebih lanjut , Uslan, S.Pd.M.Si selaku Ketua Prodi PGSD UM Kupang Menambahkan , “ Tujuan dari KKN Bahari adalah Sesuai tema yang diangkat secara Nasional adalah Pengembangan Ekoeduwisata Berbasis masyarakat untuk mendukung konservasi lingkungan di kepulauan seribu,

Sehingga Partisipasi mahasiswa prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Kupang sejalan dengan visi keilmuan prodi yg menghasilkan luaran pengabdian solutif berupa Local Genius yang bisa diimplementasikan oleh mahasiswa bersama masyarakat sekitar selama kurang lebih 14 hari

Dengan harapan adanya program KKN Nasional , kegiatan ini dapat diakui sebagai Implementasi dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dikonversi menjadi 22 SKS Seperti MK KKN, PLP 2 dan MK lainya yang berada di semester VII, “ Ucapnya ( Hendra Apriyadi)

Exit mobile version