Internasional Seminar of Psychology UMP Diikuti 18 Negara

Internasional Seminar of Psychology UMP Diikuti 18 Negara

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan mental masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sukses menggelar Internasional Seminar of Psychology keenam (ISPsy-6), Selasa (18/7) lalu.

Acara dibuka langsung Dekan Fakultas Psikologi UMP Assoc. Prof. Dr. Nur’aeni M.Si., dan dilanjutan keynote speaker oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. melalui Anggota Khusus Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S.

Ketua Panitia, Itsna Nurrahma Mildaeni, M.A. mengatakan acara tersebut merupakan agenda tahunan Fakultas Psikologi UMP. Menurutnya, setiap tahun ISPsy mengangkat tema yang berbeda disesuaikan dengan tren keilmuan dan kondisi masyarakat global.

“Tahun ini, ISPsy-6 mengusung tema Religiosity and Cultural Diversity for Strengthening Mental Well-being. Dengan tema ini diharapkan lahir program-program baru dalam pencegahan, pengobatan dan rehabilitasi bagi kondisi jiwa secara holistik sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Semoga forum ini dapat menjadi ajang silaturahmi ilmiah bagi akademisi dan praktisi dari berbagai daerah baik nasional maupun internasional”, katanya saat dikonfirmasi di Purwokerto, Jum’at (21/7/2023).

Dijelaskan, seminar internasional kali ini menghadirkan empat pakar psikologi dan kesehatan mental yang berasal dari empat negara yaitu Dr. Hanan Dover (IAMP, Australia), Dr. Rania Awaad, M.D. (Stanford University, Amerika), Dr. Nor Akmar Nordin (UTM, Malaysia), Retno Dwiyanti, M.Si., Ph.D. (UMP, Indonesia).

“Acara ini dilaksanakan secara daring, diikuti lebih dari 500 partisipan yang berasal dari 18 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Australia, Pakistan, India, Nigeria, Qatar, Kanada, Belanda, Belgia, Turki, Jerman, Inggris, Amerika, dan Uni Emirat Arab,” ungkapnya.

ISPsy-6, lanjut Itsna, juga mengadakan lomba video presentation dan research poster. Untuk best video presentation kategori umum diraih oleh Elisabeth Dwi Anggraeni (Universitas Gadjah Mada), Rizky Ayu Kesumawardhani (Universitas Katolik Soegijapranata), Mutiara Henni Damayanti (Universitas Gunadarma).

“Untuk kategori best video presentation jenjang sarjana diraih oleh Rafi Damri (Universitas Islam Indonesia), Wiedy Septia Nugraha (Universitas Muhammadiyah Purwokerto), Rina Regita (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). Sedangkan untuk best research poster kategori umum diraih oleh Elisabeth Dwi Anggraeni (Universitas Gadjah Mada), Hazhira Qudsyi (Universitas Islam Indonesia), Pratista Arya Satwika (Universitas Airlangga) dan best research poster kategori sarjana diraih oleh Andi Alifian Burhanuddin (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo), Wiedy Septia Nugraha (Universitas Muhammadiyah Purwokerto), Shilpa Shetty T.S. (IAIN SAS Bangka Belitung),” paparnya.

“Selain kolaborasi dengan pembicara internasional, dalam pelaksanaan ISPsy-6 Fakultas Psikologi UMP juga bekerjasama dengan mitra nasional yaitu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Uhamka), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO), dan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung,” jelasnya.

Dijelaskan, dalam rangkaian acara ISPsy-6, Fakultas Psikologi UMP menyelenggarakan call for paper yang akan dipublikasi melalui prosiding EAI dan beberapa jurnal terakreditasi.

Dekan Fakultas Psikologi UMP Assoc. Prof. Dr. Nur’aeni, M.Si., menambahkan besarnya animo partisipan serta banyaknya kesan positif disampaikan kepada panitia pada kegiatan ini menjadi motivasi tersendiri bagi Fakultas Psikologi UMP untuk mencapai visi fakultas menjadi lembaga pendidikan yang unggul.

“Selain itu juga berorientasi pada pemberdayaan individu dan masyarakat dengan mengedepankan nilai-nilai Islami. Kegiatan ini juga mendorong UMP menjadi universitas unggul dengan berkah dan ridho-Nya. Aamiin,” pungkasnya. (*/tgr)

Exit mobile version