Muhammadiyah Samarinda Utara Tahun Baru 1445 H

Gelar Pengajian dan Pemeriksaan Kesehatan

Muhammadiyah Samarinda Utara Tahun Baru 1445 H

PCM Samarinda Utara bersama ketua PDM Samarinda

SAMARINDA, Suara Muhammadiyah – Tahun baru Islam 1 Muharam 1445 disambut dengan suka cita dibeberapa tempat dan daerah. Beragam acara digelar diantaranya pawai obor, jalan santai hingga pengajian mewarnai kegiatan sebagai bentuk menggugah kembali ingatan jejak berhijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah.

Tidak ketinggalan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Samarinda Utara menggelar pengajian di kompleks Pondok Pesantren Istiqomah menghadirkan Machnun Uzni Wakil Sekertaris Muhammadiyah Kalimantan Timur (Rabu, 19 Juli 2023).

Kegiatan diawali dengan serah terima PCM Samarinda Utara Periode 2015-2022 kepada periode 2022-2027 yang kembali diamanahkan kepada Taufik Rahman dan serah terima Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) yang diterimakan dari Salwiyah PCA Samarinda Utara periode 2015-2022 Salwiyah kepada PCA 2022-2027 dengan ketua baru Jumaniar.

Taufik Rahman mengatakan, “Kegiatan pengajian ini rutin dilakukan melibatkan ranting Muhammadiyah se-Samarinda Utara, memasuki putaran kelima dan hari ini sekaligus bertepatan dengan tahun baru Islam 1445 Hijriyah.”

“Hari ini kami serahkan pula bantuan operasional kepada Aisyiyah Samarinda Utara sebagai mitra dakwah uang tunai senilai Rp. 25.000.000 serta melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bersama dengan Aisyiyah Wilayah Kalimantan Timur dengan jumlah pasien lebih dari 100 orang”, tambah Taufik Rahman.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Samarinda Damingun, S.E., M.M dalam sambutannya mengatakan, “Ciri organisasi yang baik adalah mampu mengkonsolidasikan sumberdaya manusia pengurus dan menyelenggarakan program yang terencana serta terukur. Kegiatan pengajian antar ranting ini sebagai bagian salahsatu program nyata untuk konsolidasi sekaligus menambah ukhuwwah antar jamaah,” ungkapnya.

pemeriksaan kesehatan bersama Majelis Kesehatan Aisyiyah Kaltim

Seusai acara pengajian, jamaah langsung mengantri di tenda yang disediakan panitia untuk pemeriksaan gratis yang dilakukan Majelis Kesehatan Aisyiyah Kalimantan Timur.

Pemeriksaan kesehatan ditangani oleh dr. Fatma Maulida Abiya,M.MR dibantu perawat dan apoteker diantaranya Darmayanti, Kustaniah, Meliana Susanti, serta Utik Septiarini. Nampak juga Hj. Zulaikhah salahsatu Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kaltim ikut hadir dan memonitoring kegiatan.

Tri Wahyuni, Ph.D Ketua Majelis Kesehatan Aisyiyah Kalimantan Timur didampingi Sekertaris Linda Dwi Novial Fitri disela turun bersama dalam pemeriksaan kesehatan kepada awak media mengatakan, “Kolesterol, hipertensi, asam urat tinggi menjadi temuan yang paling banyak, juga anemia pada ibu hamil. Perlu sekali pemeriksaan kesehatan secara berkala serta edukasi untuk menjaga kesehata karena penyakit tidak menular banyak ditemukan, tidak saja pada usia lanjut, namun juga pada usia produktif.”

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Tri Wahyuni mengatakan, “hasil pemeriksaan kesehatan ini akan menjadi PR bagi majelis kesehatan untuk terus follow up dengan penyuluhan-penyuluhan kesehatan, dan dorongan untuk pola hidup lebih baik, dan bagi yang sudah mengalami diharapkan patuh pada anjuran yang telah disampaikan oleh tenaga kesehatan.”

Nampak hadir dalam pengajian dan pemeriksaan kesehatan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur, KH. Muhammad Haiban dan HM. Jafron yang berbaur dengan jamaah lainnya.

Exit mobile version