Pahami Karakteristik Anak Autisme, Ini Penjelasan Pakar PG PAUD UMP

Pahami Karakteristik Anak Autisme, Ini Penjelasan Pakar PG PAUD UMP

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah -Austisme atau autism spectrum disorders merupakan sebuah permasalahan perkembangan yang disebabkan oleh kondisi yang atypikal di otak anak, yang menyebabkan anak mengalami hambatan sosial komunikasi. Lalu bagaimana cara mengetahui karakteristik anak Autisme, berikut penjelasan dari Melati Islami Hapsari S.Psi, M.Psi, Psikolog. Dosen PG PAUD FKIP sekaligus PhD Candidate, College of Education, Psychology and Social Works, Flinders University, Adelaide, South Australia.

Menurut data WHO, 2023 diperkirakan 1 dari 100 anak di dunia mengalami Autisme. Meskipun belum ada data yang reliabel di Indonesia, namun tampak adanya kenaikan kasus yang signifikan setiap tahunnya,” kata Melati Islami Hapsari dalam webinar Naturalistic Teaching sebagai intervensi dini anak dengan autisme oleh guru dan orang tua yang digelar oleh PG PAUD UMP, Senin (24/7/2023) lalu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, gangguan spektrum autism di ranah klinis dikenal dengan Autism Spectrum Disorders. Sebelumnya didefinisikan sebagai salah satu dari Pervasive Developmental Disorders atau gangguan perkembangan perfasif, yang macamnya ada sindrom autisme, asperger, disintregative disorder, dan PDD Nos.

“Autisme disebabkan oleh factor genetic diantaranya permasalahan di otak terutama pada fungsi sosial dan komunikasi yang berdampak pada kondisi perkembangan yang atypical. Karakteristik utamanya yaitu hambatan atau kesulitan dalam perkembangan sosial komunikasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi PG PAUD Dr Desti Pujiati MPd menambahkan, tindak lanjut dari kegiatan webinar bakal ada tindak lanjut pertama.

“Dalam waktu dekat PG PAUD akan menyelenggarakan kuliah umum international dengan tema Joint Attention dan Permasalahan Perkembangan Anak dengan pemateri Emma Grace, CPSP., BSpth.(Hons)., PhD. dari Flinders University,” jelasnya.

Tindak lanjut yang ke-dua, lanjut Desti, PG PAUD UMP akan mengundang orangtua, guru dan anak berusia di bawah 7 tahun dengan karakteristik autisme untuk berpartisipasi dalam penelitian.

“Jika ada yang berminat dapat menghubungi no ini yaitu 081328229644,” pungkasnya. (tgr)

Exit mobile version