Pejuang Pers dan Pendidikan Itu Berpulang

Pejuang Pers dan Pendidikan Itu Berpulang

Pejuang Pers dan Pendidikan Itu Berpulang

Oleh: Hariss Syarif Usman

Tepat pukul 04:40 WIB setelah menunaikan Shalat Subuh dipembaringan, sosok yang menjadi tokoh pers dan dunia pendidikan itu menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa 18 Juli 2023. Berpulang ke Rahmatullah dalam usia 90 tahun. Dia adalah Drs H Moehadi Sofyan. Sosok yang setiap orang pasti mengenalnya, lebih-lebih pada masa-masanya. Dilahirkan pada 12 Agustus 1933, Moehadi merupakan seorang wartawan dan juga guru yang sangat tangguh dan mumpuni.

Dirinya menempa pendidikan di Fisipol Universitas Gajah Mada Yogyakarta sekitar tahun 1960-an. Aktivitasnya selain menjadi wartawan dan guru, pada saat yang sama menjadi redaktur Harian Mercu Suar. Yakni sebuah surat kabar lokal DIY yang diterbitkan oleh Persyarikatan Muhammadiyah pada tahun 1966.

Pada tanggal 12 April 1972 Mercu Suar berubah nama menjadi Harian Masa Kini. Dan sejak perubahan nama itulah, Moehadi ditetapkan menjadi Pemimpin Umum sekaligus Pemimpin Redaksi Harian Masa Kini. Seiring berjalannya waktu, kemudian kembali terjadi perubahan nama yakni Harian Jogja Post. Dalam media baru ini, Moehadi tetap menjabat sebagai Pemimpin Redaksi.

Selama puluhan tahun jatuh bangun mengelola surat kabar dan tetap tangguh serta diperhitungkan beritanya oleh para pengambil kebijakan. Moehadi juga menjabat sebagai Wakil Ketua PWI DIY, Wakil Ketua SPS DIY pada masa tahun 80-an yang berkantor di selatan Gedung Agung. Dengan membawa narasi keislaman harian Masa Kini mampu memberikan pencerahan pada masyarakat.

Moehadi juga menginisiasi penerbitan majalah KUNTUM, Akademi Komunikasi Jogjakarta (wakil dekan), menguasai beberapa bahasa asing dan di dunia pendidikan. Pernah jua mengajar di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, serta menjabat sebagai Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Murid muridnya sudah banyak yang sukses seperti Emha Aiun Najib, Ebiet G Ade, Drs H Muhammad Afnan Hadikusumo, Drs H Akhid Widi Rahmanto, Dr Maqdir Ismail, SH., LLM, dan masih banyak lagi.

Sebagai tambahan, Moehadi juga pernah menjabat sebagai Ketua Museum Pendidikan Islam, Manggala Nasional BP7 serta seorang pejuang 45 dan Anggota Majelis Pustaka PP Muhammadiyah.

Selamat Jalan Moehadi Sofyan.

Hariss Syarif Usman, SH., MKn, Sekretaris MLH PDM Kota Yogyakarat dan MLH PWM DIY

Exit mobile version