Perkuat Relasi, PCIM Saudi Safari Silaturahim di Jawa Timur

Perkuat Relasi, PCIM Saudi Safari Silaturahim di Jawa Timur

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – PCI Muhammadiyah Kerajaan Arab Saudi menyelenggarakan agenda silaturahim ke PD Muhammadiyah Kota Surabaya dan PW Muhammadiyah Provinsi Jawa Timur selama sepekan. Kontingen sowan yang dipimpin oleh Maulana Sulton selaku Bendahara PCIM dan Mohammad Affan, B.Ed., M.A. sebagai Ketua Lembaga Kerjasama dan Hubungan Internasional ini berkunjung di PDM Surabaya pada selasa 25 Juli 2023 dan PWM Jawa Timur pada jumat 28 Juli 2023.

Dua kunjungan tersebut menurut Maulana Sulton merupakan bentuk konkret kader Muhammadiyah di Arab Saudi untuk terus menjaga hubungan serta membuka peluang untuk kemajuan dakwah. Ketua LHKI, Mohammad Affan juga menegaskan bahwa eksistensi strategis PCIM Saudi yang berkaitan dengan bidang pendidikan, bidang perdagangan, dan khususnya bidang haji dan umroh menjadikan PCIM di Arab Saudi harus semakin menguatkan jejaring di segala tingkat persyarikatan.

Kunjungan di PDM Surabaya oleh PCIM Saudi diterima hangat oleh segenap pimpinan PD ibu kota provinsi tersebut. Sekretaris PDM Surabaya, drs. Anang Catur beserta wakil ketua ragam bidang antusias dengan kehadiran PCIM Saudi dengan diskusi dan masukan yang berarti untuk keberlanjutan relasi di masa depan. Penerimaan yang sama hangatnya juga ditunjukkan PWM Jawa Timur atas kehadiran PCIM Saudi. Sekretaris PWM Jawa Timur, Prof. Biyanto dan segenap pimpinan lainnya sangat mengapresiasi kedatangan PCIM Saudi dengan memberikan banyak nasihat hingga peluang kolaborasi.

Salah satu delegasi PCIM Saudi yang juga pengurus PDM Surabaya, H.M.I el Hakim, S.H., M.H. menyampaikan atas dua safari strategis tersebut, “kita menangkap ada harapan dan peluang besar bagi kader persyarikatan terutama terhadap diaspora di Arab Saudi untuk berperan sebagai katalisator dakwah berkemajuan”. Wakil Ketua LHKP PDM Surabaya ini menambahkan, “perlu konsolidasi kader Muhammadiyah baik pengurus PCIM Saudi atau lulusan dari sana yang saat ini ada di Jawa Timur jelas penting agar upaya realisasi hasil audiensi di dua struktur strategis ini bisa terwujudkan secara konkret.”

PCIM Arab Saudi sebagai struktur yang berdiri secara formil sejak 2017 gencar melaksanakan safari dan silaturahim di struktur persyarikatan. Pada tahun 2022 sendiri kunjungan PCIM Saudi diterima oleh PP Muhammadiyah melalui Sekretaris Umum, Prof. Abdul Mu’ti dengan memberikan arahan, semangat dan peluang bagi pengurus untuk memaksimalkan dakwah Islam yang berkemajuan.

Exit mobile version