Praktikum, Kesos UMMAD Tingkatkan Pemahaman Keilmuan

Praktikum, Kesos UMMAD Tingkatkan Pemahaman Keilmuan

MADIUN, Suara Muhammadiyah – Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) mengadakan Seminar Hasil Praktikum I Kesejahteraan Sosial di Kampus 1 UMMAD, Jumat, 28 Juli 2023.

Seminar Hasil Praktikum I ini diikuti empat kelompok mahasiswa yang telah menyelesaikan Praktikum I pada pekan lalu.

Merekan menyampaikan hasil praktik yang dilakukan didepan Pendamping Lapangan (Supervisor) serta Dosen Pendamping.

Empat kelompok tersebut masing-masing melaksanakan mata kuliah Praktikum I di Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun, UPT Rehabilitasi Sosial Bina Karya Madiun.

Kemudian di Balai Pemasyarakatan Kelas II Madiun, serta di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) YAPSEM Kabupaten Lamongan.

Kaprodi Ilmu Kesejahteraan Sosial UMMAD, Muh. Niam, S.Sos., M.Kesos., menyampaikan, pelaksanaan mata kuliah Praktikum I Kesejahteraan Sosial merupakan pembelajaran praktik intervensi pekerjaan sosial.

Fokus pembelajarannya ada pada penanganan masalah level mikro-mezzo yang terjadi pada individu, keluarga, maupun kelompok kecil.

Orientasi pembelajaran praktik ini pada pelayanan lembaga dalam bidang kesejahteraan sosial dan juga praktik pekerjaan sosial.

“Praktik dilakukan berbasis bukti yang menjadi bagian penting dalam keilmuan kesejahteraan sosial,” kata pengampu mata kuliah Praktikum I itu.

Hasil Praktikum I Kesejahteraan Sosial ini diharapkan dapat menambah pemahaman keilmuan kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial.

“Dengan adanya saran dan masukan dari Pendamping Lapangan (Supervisor) dan Dosen Pendamping dalam seminar ini dapat meningkatkan kualitas pelaporan hasil pembelajaran mata kuliah Praktikum I mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial FISIP UMMAD,” terang Muhammad Niam.

Supervisor Lapangan dari UPT Rehabilitasi Sosial Bina Karya Madiun, Febriarum Rohmatul Hasanah, S.Tr.Sos., menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial UMMAD yang telah menyelesaikan praktikum 1sebagai bentuk praktik profesi pekerjaan sosial.

“Saya mengapresiasi adik-adik mahasiswa Prodi Kesos UMMAD telah menyelesaikan mata kuliah Praktikum I dengan baik,” kata Febriarum.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Praktikum I (praktikan), Sugiono mengatakan selama mengikuti praktikum kita merasakan betul berhadapan langsung dengan klien, berinteraksi dengan klien.

“Hal itu menjadi pengalaman praktik serta membuka wawasan kita terhadap profesi pekerjaan sosial,” ujar Sugiono. (pujoko)

Exit mobile version