Global Sulam Mobility, UMRI dan UTeM Jalin Kerjasama

Global Sulam Mobility, UMRI dan UTeM Jalin Kerjasama

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) bersama Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) melakukan MoU sekaligus Program Global Sulam Mobility di Kampus Umri Jalan Tuanku Tambusai pada Jumat (28/7/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA, Wakil Rektor III Dr Jufrizal Syahri MSi, serta para dekan di lingkungan Umri. Dari UTeM hadir Dekan Pusat Pengajian Siswazah Prof Dr Mohd Rizal bin Salleh serta 24 orang mahasiswa UTem yang didampingi oleh dosen.

Rektor Universitas Muhamadiyah Riau Dr H Saidul Amin MA, mengatakan dalam sambutannya program yang diberi nama Sulam Mobility ini merupakan bentuk kesadaran mahasiswa kepada masyarakat untuk mengimplementasikan ilmu.

“Para mahasiswa turun ketengah masyarakat tetapi juga sekaligus mengasah kemampuannya di bidang masing-masing, sehingga dapat menjadi pencerah di bidang ke ilmua, serta mahasiswa mampu menerima masukan dari masyarakat, sebab apa yang di pelajari di bangku kuliah kadang jauh berbeda dengan apa yang terjadi di lapangan,” kata Saidul Amin.

Disamping itu ia menyebut turun kepada masyarakat adalah bentuk transformation knowledge yang bisa ditingkatkan menjadi transformation value.

“Sangat penting turun kepada masyarakat namun tidak hanya membawa ilmu namun juga membawa keimanan, maka nanti kegiatan seperti akan tidak hanya untuk menjalin silaturrahim namun juga meningkat menjadi silatul qolbi sebab kita bangsa serumpun dan saling menguatkan,” sebutnya.

Ia juga berharap Umri dan UTeM dapat bersama-sama bangkit untuk menciptakan islam dan negeri melayu dapat memajukan umat di masa yang akan datang.

“Kita harus satu dan bercita-cita agar Islam dan Melayu dapat bertahta di alam semesta, dan kegiatan seperti juga menjadi contoh bagi fakultas yang lain, setidaknnya fakultas lain bisa membuat seminar internasional,” pungkasnya.

Dekan Pusat Pengajian Siswazah Universiti Teknikal Malaysia Melaka Prof Dr Mohd Rizal bin Salleh, berharap setelah Program Global Sulam Mobility dapat terjalin program lain bersama dengan Umri.

“Alhamadulillah kegiatan ini berjaya untuk yang terlibat saya ucapakan selamat dan insyallah UTeM dapat meneruskan program ini dengan negara lain, serta kami harapkan Umri juga dapat berkunjung ke UTeM, dan kami tunggu kedatangan deligasi Umri,” harapnya saat turut bergabung via zoom meeting.

Dekan Fakultas Teknik Umri, Dr Indra Hasan MT, berujar kegiatan ini bukan pertama kali dan bukan terakhir kali sebab ia ingin Umri dan UTeM dapat bekerja sama di masa yang akan datang.

“Ini merupakan agenda ketiga yang mana sebelumnya kita sudah mengunjungi RAPP di Kabupaten Pelalawan, dan ini merupakan tindak lanjut kita sehingga program seperti ini akan terus di sinergikan. Selanjutnya akan ada sesi panel terdapat tiga orang pembicara dari UTeM dan satu orang dari Umri,” ujarnya saat sambutan di Gedung Rektorat, Aula Lantai Tiga, Kampus Umri. (Jayus)

Exit mobile version