Malebbi 2023, Unismuh Pertemukan Puluhan Mitra Nasional dan Internasional

Malebbi 2023, Unismuh Pertemukan Puluhan Mitra Nasional dan Internasional

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar acara “Malebbi” (Malebbi Leaders Bilateral and Boundless Incorporation) 2023. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang berfokus pada pengembangan jaringan (Networking), Sesi Diskusi (Sharing Session), serta Penandatanganan MoU & MOA.

Acara dihelat di Balai Sidang Unismuh Makassar, Senin – Selasa, 31 Juli – 1 Agustus 2023. Pembukaan digelar Senin Siang, dengan ucapan selamat dating dari Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda dan Rektor Unismuh Prof Ambo Asse.

Dalam pembukaan ini, dirangkaikan pula dengan penandatanganan beberapa MoU (Memorandum of Understanding).

Setelah Ashar, digelar Sharing Session, yang menghadirkan Mr Patrick Loge (Direktur ASIA), ia membahas “Bahasa Pembelajaran Daring”. Sesi selanjutnya menghadirkan Bambang Nurfauzi (Bakti Jaya Learning Center, Taiwan), yang membahas Peluang dan Tantangan Magang Internasional.

Malebbi hari pertama diakhiri dengan presentasi dari Nico Irawan (Thai Global Business Administration Technological College, Thailand). Ia membahas ‘Magang Global, pra pelayanan, dan tantangan masa depan.

Hari kedua, Selasa, 1 Agustus 2023, acara dilanjutkan di Lantai 17 Gedung Iqra Unismuh Makassar. Setelah pengantar dari Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse, dilakukan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) antara Unismuh dan beberapa mitra

Pada hari kedua ini, digelar Kuliah Tamu secara pararel di tiga Fakultas. Indonesian Corruption Watch menyampaikan kuliah tamu di FISIP Unismuh. Sementara Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Berantas dan Ketua BP2P Sulawesi III menyampaikan Kuliah Tamu di Fakultas Teknik Unismuh.

Sementara perwakilan Bakti Jaya Learning Center, Taiwan dan Thai Global Business Administration Technological College, Thailand menyampaikan Kuliah Tamu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh.

Selama acara Malebbi tersebut, Unismuh menandatangani MoU dan MoA dengan sejumlah universitas dan institusi, baik lokal maupun internasional. Di antara mitra tersebut, terdapat sejumlah Universitas Muhammadiyah, seperti Bulukumba, Sorong, Sinjai, Enrekang, Parepare, Sukabumi, Kendari, Bone, dan Maluku Utara. Kerjasama ini melibatkan berbagai aspek, termasuk peningkatan penelitian, pengembangan kurikulum, dan pertukaran pelajar dan staf akademik.
Universitas Bosowa Makassar dan Universitas Khairun Ternate juga termasuk dalam daftar mitra strategis Unismuh Makassar, dengan fokus yang sama.

Selain itu, Unismuh Makassar juga menjalin kerjasama dengan institut khusus seperti Institut Parahikma Indonesia dan Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap, yang fokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian.

Di sisi lain, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong dan Universitas Muhammadiyah Bogor Raya adalah mitra penting dalam pengembangan kurikulum dan peningkatan kualitas pendidikan.

Pada level internasional, Unismuh Makassar bekerja sama dengan ALTISSIA 21 di Belgia dan Community Learning Center di Taiwan, dengan fokus pada pendidikan, penelitian, dan pertukaran staf dan mahasiswa. Kerjasama dengan Thailand Global Business Administration College membantu Unismuh Makassar dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian dalam bidang administrasi bisnis.

Terakhir, Balai Besar Sungai Brantas adalah mitra strategis dalam penelitian lingkungan dan manajemen sumber daya air. Kerjasama-kerjasama ini memperkaya Unismuh Makassar dengan sumber daya, pengetahuan, dan keahlian yang beragam, semuanya mendukung misi dan visi institusi.

Acara ini diharapkan menghadirkan suasana bilateral yang penuh makna dan menciptakan momentum untuk kolaborasi dan inovasi di dunia pendidikan dan kerja sama internasional. (Hadi/Riz)

Exit mobile version