SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Gelar Pelatihan Jurnalistik

SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Gelar Pelatihan Jurnalistik

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Para siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar menggelar pelatihan jurnalistik pad Jumat 4 Juli 2023 di sekolah yang berada di dalam area kampus Unismuh Makassar.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Mahasiswa KKP Angkatan XXVI Fisip Unismuh Makassar 2023 di portal online Media Sulsel.com.

Tampil selaku nara sumber pada pelatihan itu, dosen Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar Dr Muhammad Yahya Mustafa, M.Si.

Mantan wartawan Harian Pedoman Rakyat ini menegaskan, seorang jurnalis atau penulis harus memiliki hobi yang kuat untuk senantiasa membaca.

Lewat membaca itu jadi salah satu faktor sangat menentukan dalam proses penulisan berita atau opini yang akan ditulis.

Bagi seorang calon penulis atau jurnalis ia harus memiliki keberanian dalam memulai menulis sebab kalau tidak pernah memulai itu berarti tidak akan pernah menjadi seorang penulis atau seorang wartawan, kata Doktor Sosiologi Politik PPs-UNM ini.

Modal seorang penulis atau wartawan adalah memiliki wawasan yang luas, penguasaan diksi yang baik, penggunaan rasa bahasa serta ekonomi kata dalam menulis, katanya.

Wawasan yang luas akan dicapai kalau seseorang punya hobby membaca buku, jurnal dan majalah serta surat kabar cetak dan online.

Referensi bacaan yang kuat akan terekam pada memori seseorang sehingga dengan mudah penggunan diksi ketika menulis, tegasnya.

Menulis itu ibarat orang yang sedang belajar berenang, walau membaca beberapa buku teori berenang tetapi tetapi tidak pernah lompat terjun ke dalam air di sungai, kolam renang atau tepi pantai maka dipastikan tidak akan mampu berenang.

Sama halnya telah ikut beberapa kali pelatihan jurnalistik dan memberi buku tehnik menulis tetapi tidak pernah mencoba memulai menulis maka hampir pasti tidak akan mampu menulis, ungkapnya.

Kegiatan setengah hari ini mengusung tema, Jurnalis Muda Menulis Cerita Melalui Goresan Pena.

Salah seorang peserta pelatihan Tsabita Azizah Ali menilai dengan adanya dasar pelatihan jurnalistik ini sangat membantu para siswa dan siswi untuk memulai langkahnya menjadi seorang penulis, paparan materi yang diberikan sangat jelas dan menarik sehingga para pelajar tertarik untuk terjun menjadi seorang penulis, katanya.

Dosen Pembimbing KKP Angkatan XXVI Fisip Unismuh Makassar, Arni, S.Kom, M.I.Kom, menambahan pelatihan ini akan memberi pengetahuan awal dan dasar tentang menulis dan profesi jurnalis.

Pemateri dari wartawan senior ini memotivasi siswa dan siswi untuk mengenal lebih dini tentang dunia tulis menulis dan boleh jadi ada diantara peserta akan lebih serius belajar tentang menulis dengan kelak memilih prodi ilmu komunikasi lanjut studi perguruan tinggi.

Selain itu luaran pelatihan akan membikin majalah dinding dengan beberapa tema yang akan jadi laporan. utama yang telah mereka sepakati.

Mahasiswa peserta KKP ini adalah Rani Angraini dan Muhammad Fiqriansyah Tahir.

Selama pelatihan siswa didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah Kurikulum dan Humas, Fatmawati Hasyim, S.Pd, M.Pd. (Indira Maharani)

Exit mobile version