Serikat Usaha Muhammadiyah Batam Jalin MoU dengan Akademi Melayu Dermawan

Serikat Usaha Muhammadiyah Batam Jalin MoU dengan Akademi Melayu Dermawan
BATAM, Suara Muhammadiyah – Serikat Usaha Muhammadiyah (SUMU) Kota Batam menandatangani nota kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (MoA) dengan Akademi Melayu Derwaman (AMD) terkait Mentoring atau pendampingan pelaku UMKM yang ada di Kota Batam.
Penandatanganan dilaksanakan di Ruang Pertemuan Sekolah Muhammadiyah Plus, Batam Centre, Sabtu (5/9/202) oleh Jogie Suaduon selaku Koordinator Daerah SUMU Kota Batam dengan Direktur Akademi Melayu Dermawan, Marlina Ramli dan disaksikan Pendiri Akademi Melayu Dermawan Ilyas Karta.
Jogie dalam sambutannya menyampaikan, kolaborasi ini merupakan momentum untuk mengakselerasi kebangkitan ekonomi umat serta membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat. Penandatanganan ini, lanjut Jogie, merupakan bentuk inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang baru antara Muhammadiyah dan pelaku usaha.
“Adapun bentuk kerjasama yang kita lakukan saat ini adalah untuk meyiapkan mentor – mentor yang Profesional sebagai pendamping pelaku UMKM, pertukaran data dan informasi, peningkatan SDM, dan juga fasilitasi akses pembiayaan. Ini adalah akselerasi bangkitnya ekonomi kreatif,” ujar Jogie
Sementara itu, Ilyas Karta menyambut baik penandatanganan MoU dan MoA ini untuk meningkatkan kerja sama AMD dengan Muhammadiyah terkait pengembangan sektor Ekonomi. “Saya harap lewat penandatanganan ini kita bersama-sama bisa mengembangkan UMKM di Indonesia khususnya di Batam ke arah yang lebih baik,” ungkap Ilyas.
Setelah penandatanganan perjanjian kerjasama ini diadakan sesi diskusi dan talkShow dengan pembahasan sinergi lembaga leuangan dan komunitas pelaku usaha dalam menciptakan peluang ekonomi di Kota Batam. Dimana tindak lanjut program ini adalah SUMU dan AMD pada bulan September akan melaksanakan Mentoring bagi para pelaku UMKM di Kota Batam.
Penandatanganan ini dihadiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kepulauan Riau M. Iqbal; Pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Kepulauan Riau Mardiaz; Koordinator AMCF Kepulauan Riau Muhibul Zamil; Ketua Bidang Ekonomi Produktif Karang Taruna Kota Batam Rudi Harmi; Para Mentor UMKM Akademi Melayu Dermawan Desmice, Mila, Meyani & Fitri ; Akademisi dari beberapa Perguruan Tinggi di Kota Batam serta sejumlah pengurus dan Anggota Serikat Usaha Muhammadiyah Kota Batam.
Exit mobile version