KKNT Berbasis Karya Menuju Kurikulum Merdeka

Mahasiswa STIT Muhammadiyah Paciran Jalani KKN Tematik

KKNT Berbasis Karya Menuju Kurikulum Merdeka

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa STIT Muhammadiyah Paciran menjalani Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) 2023 di SMA M 9 Sedayulawas, Kamis (3/8/2023)

KKN Tematik merupakan suatu bentuk Pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk melatih mahasiwa meningkatkan kapasitas dirinya dengan cara terlibat langsung dan berperan serta melakukan upaya membantu di Lembaga SMA Muhammadiyah 9 Sedayulawas.

Mahasiswa juga terlibat Kegiatan KKN Tematik dengan tema KKNT Berbasis Karya Menuju Kurikulum Merdeka merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi dibidang pengajaran.

Kegiatan KKNT diharapkan dapat mengasah softskill kemitraan, kerjasama tim lintas disiplin/keilmuan (lintas kompetensi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program-program yang akan dijalani.
KKNT merupakan bentuk pengabdian yang dilakukan mahasiswa kepada lembaga dan dilakukan selama kurun waktu 1 bulan. Hal ini dilakukan oleh kampus STIT Muhammadiyah Paciran untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa.

Pada tahun ini STITM Paciran menerjunkan mahasiswa untuk melaksanakan KKNT di 9 Lembaga yaitu
SMAM 9 Sedayulawas Brondong,MAM 5 Palirangan Solokuro, MTsM 25 Brondong,MTsM 8 Sidokelar Paciran,MTsM 6 Banyutengah,MTs M 12 Palirangan Solokuro,MIM 01 Pondok Modern Paciran,MIM 02 Pondok Modern Paciran dan MTsM 6 Sugihan Solokuro

Dalam kegiatan KKN Tematik kali ini tujuannya adalah agar mahasiswa bisa mengabdi di lembaga pendidikan serta dapat berbagi ilmu di lembaga SMAM 9 Sedayulawas Brondong. Acara ini mendapat sambutan yang luar biasa dari Kepala SMA Muhammadiyah 9 Sedayulawas, Wakil Kepala Kurikulum, Wakil kepala Kesiswaan dan segenap Bapak/Ibu dewan guru.

Kepala SMA Muhammadiyah 9 Sedayulawas Brondong Fazlur Rohman S.Pd.I mengucapkan selamat datang kepada para Mahasiswa KKNT STIT Muhammadiyah Paciran. Selamat mengabdi dan belajar di lembaga ini.

“Saya merasa mendapatkan kehormatan atas kehadiran peserta KKNT 2023, semoga semua program- program yang dicanangkan membuahkan hasil serta memberikan pembelajaran kepada peserta didik yang telah tersusun dapat terealisasi dengan baik,” ungkapnya Fazlur Rohman

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Maftuhah MPd, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah dan terimakasih kepada Ibu Bapak dewan guru beserta Staf karena telah menerima mahasiswa KKNT dengan sangat sangat baik. Kami titipkan peserta KKNT kepada lembaga untuk dibimbing dan diarahkan selama melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Berikut pesan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Maftuhah MPd kepada para mahasiswa KKNT, pertama agalah nama baik almamater kampus kita tercinta, serta jaga tingkah laku, akhlak dan kesopanan selama saudara mengabdi di lembaga SMAM 9 Sedayulawas. Kedua jangan lupa setelah KKNT selesai waktu 1 minggu Laporan KMNT harus sudah selesai dan ketiga jangan malu bertanya, rajin- rajinlah untuk bertanya jika belum tau, jika belum faham.

Lanjutnya, jika kalian membutuhkan sesuatu ditempat KKNT ini, sering komunikasi kepada lembaga karena ada peribahasa mengatakan “Malu bertanya sesat dijalan” Malu bertanya program saudara akan berantakan” pesannya kepada mahasiswa.

Kemudian dilanjutkan membuka acara Pembukaan KKNT dengan bacaan Bismillaahirrohmasnirrohim secara resmi KKNT STITM Paciran dengan Tema KKNT Berbasis Karya Menuju Kurikulum Merdeka Tahun 2023 di lembaga SMA M 9 Sedayulawas secara resmi dibuka. Mulai Kamis, 3 Agustus 2023 secara resmi dibuka dengan ketukan 3 kali, dan disambut tepuk tangan yang meriah dari Bapak/ibu dewan guru, staf dan peserta KKNT serta peserta didik SMAM 9 Sedayulawas.

“Saya ucapkan terimakasih untuk penyambutan dari lembaga. Semoga dengan kehadiran teman-teman KKNT dapat lebih memajukan dan menjadi lebih baik lagi,” ungkap Lutfi, ketua kelompok KKNT. (Maftuhah/FRS)

Exit mobile version