Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Tuban Gelar Bimtek KOSP dan RKS

Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Tuban Gelar Bimtek KOSP dan RKS

TUBAN, Suara Muhammadiyah – Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tuban menggelar bimbingan teknis yang berfokus pada Penyuluhan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) atau Kurikulum Operasional Madrasah (KOM), serta Rencana Kerja Sekolah atau Madrasah.

Kegiatan ini berlangsung di Aula utama SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban pada Rabu, (16/8/2023)

Peserta yang turut serta dalam Bimtek ini merupakan para kepala sekolah atau madrasah, dan perwakilan guru dari berbagai sekolah dan madrasah yang berada di bawah naungan Majelis Dikdasmen PDM Tuban.

Mereka hadir untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kurikulum operasional serta rencana kerja yang dapat membawa kemajuan bagi sekolah dan madrasah di daerah ini.

Bimbingan teknis ini menyoroti pentingnya penyusunan dan implementasi kurikulum sekolah atau madrasah yang efektif dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas.

Di samping itu, peserta juga mendapatkan wawasan tentang bagaimana mengarahkan pendidikan menuju kualitas yang lebih baik melalui penyelarasan kurikulum dengan kebutuhan aktual dunia pendidikan.

Selain itu, aspek rencana kerja sekolah juga diberikan perhatian, memastikan bahwa setiap langkah pendidikan diarahkan dengan baik menuju pencapaian tujuan strategis.

Kegiatan ini menandai komitmen Majelis Dikdasmen PDM Muhammadiyah Tuban dalam memberikan dukungan penuh kepada sekolah dan madrasah di daerah ini.

Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF, Fauzan mengajak peserta Diklat untuk memperdalam pemahaman terkait penysunan kurikulum dan RKS sehingga lembaga pendidikan Muhammadiyah memiliki kematangan administrasi.

“Artinya, jika administrasinya matang maka, tata kelola manajemen menjadi lebih baik. Jika manajemen lemah maka, maka tidak bisa menguatkan tata kelola administrasi,”ungkapnya.

Fauzan melanjutkan, tidak hanya penguatan administrasi tetapi dikembangkan dan diekolaborasi serta transformasi.

“Ini yang selalu saya tegaskan, kuatkan, teguhkan visi, kembangkan kolaborasi hadirkan tranformasi. Tanpa itu, maka lembaga pendidikan yang kita jalani di perguruan Muhammadiyah menjadi tidak kuat,”tegasnya.

Senada dengan Fauzan, Wakil Ketua PDM Tuban, Ahmad Ruston juga menekankan akan pentingannya semangat kolaborasi antara elemen pendukung pendidikan.

“Elemen yang mendukung pendidikan tidak hanya di lingkup guru dan karyawan tetapi juga wali murid dan pengelola,”tandasnya.

Ahmad Ruston meminta agar koordinasi dengan Pimpinan Ranting dan Cabang harus terjalin dengan baik. Hal ini menurut dia sangat penting.

“Kami di Pimpinan Daerah yang nanti menggiring seluruh PCM yang ada, dan dipetakan menjadi big data yang falid,”tutupnya. (Iwan Abdul Gani)

Exit mobile version