Tausyiah Kemerdekaan, MPI PWM Sumut Bagikan 170 Quran untuk 10 Masjid Taqwa

Tausyiah Kemerdekaan, MPI PWM Sumut Bagikan 170 Quran untuk 10 Masjid Taqwa

MEDAN, Suara Muhammadiyah –  Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara (MPI PWMSU) menyambut hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dengan menyelenggarakan “Tausyiah Kemerdekaan”. Kegiatan akan berlangsung, Jumat siang (18|8) pukul 14.00 – Selesai  di Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumatera Utara (GDMSU) di Jalan Sisingamangaraja 136 Medan.

Peringatan kemerdekaan ke-78 itu diharapkan dapat memberi makna tersendiri dengan melakukan muhasabah lewat tausyiah yang akan disampaikan oleh Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumatera Utara Dr. Ali Imran MA yang juga Koordinator Bidang MPI dan Majelis Lingkungan Hidup.

Ketua MPI PWM Sumut, Syaiful Hadi didampingi Sekretaris Hari Baron menjelaskan, bersamaan dengan tausyiah kemerdekaan akan dibagikan 170 Al-Quran + Buku untuk 10 Masjid Taqwa Muhammadiyah diberbagai lokasi di Sumatera Utara. ” Kami sejanga memilih Masjid Taqwa yang jauh dari Kota Medan dengan harapan dapat berbagi Al-Quran dan Buku guna menggairahkan membaca dilingkungan Masjid Muhammadiyah,” kata Syaiful Hadi.

Harapnya, semua masjid taqwa Muhammadiyah memiliki perpustakaan, guna membiasakan jamaah, khususnya generasi muda mau mebaca. Perpustakaan itu penting guna membangun kualitas literasi dilingkungan persyarikatan. ” Kita sangat prihatin, karena Indonesia masih sangat lemah dalam membangun literasinya,” tambah Hari Baron.

Dijelaskan, 10 masjid yang akan mendapatkan bantuan Al-Quran dan Buku dari Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) itu adalah :

  1. Mesjid Taqwa Desa Firdaus* Kec. Sei Rampah Kab. Serdang Bedagai
  2. Masjid Muhammadiyah Taqwa Muhammadiyah Pardomuan, Kec. Sirandorung, Kab. Tapanuli Tengah.
  3. Masjid Taqwa Muhammadiya Desa Sumber Melati Diski Dusun VI (jl. binjai km.15)
  4. Masjid Taqwa Muhammadiyah Desa Hutapadang, Kec Ulupungkut, Mandailing Natal
  5. masjid taqwa Muhammadiyah ranting Sukasari kec Pegajahan kab. Serdang Bedagai
  6. Masjid Taqwa Muhammadiyah Sibande, Kab. Pakpak Barat
  7. Masjid Taqwa Muhammadiyah Sitiris2, kecamatan Andam Dewi, Tapanuli Tengah
  8. Masjid Taqwa Muhammadiyah Masnauli, kecamatan Manduamas, Tapanuli Tengah
  9. Masjid Taqwa Muhammadiyah Parmonangan, Kec. Pakkat, Humbang Hasudutan
  10. Masjid Taqwa Muhammadiyah Laen Bulan Kec. Pakkat, Humbanghasudutan.

Penyelenggara untuk acara penyerahan Al-Quran dan buku-buku itu, juga mengundang pengurus MPI daerah, seperti MPI Kota Medan, MPI Deli Serdang, MPI Sedang Bedagai, MPI Kota Binjai dan MPI Langkat, Pimpinan Majelis dan Lembaga serta organisasi otonom tingkat wilayah.

Penguatan program literasi Majelis Pustaka dan Informasi terus akan dilakukan lewat pelatihan, lomba, bedah buku dan penerbitan buku-buku Muhammadiyah. (masnal rivai/Riz)

Exit mobile version