UM Bandung Peringati HUT ke-78 RI

UM Bandung Peringati HUT ke-78 RI

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) menggelar upacara pengibaran bendera memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman depan UM Bandung pada Kamis (17/08/2023).

Peserta upacara HUT ke-78 Republik Indonesia ini terdiri atas unsur pimpinan, dosen, perwakilan mahasiswa, tenaga kependidikan, hingga karyawan UM Bandung yang sudah berada di kampus sejak pukul 06.00 WIB.

Seluruh peserta upacara bendera serempak mengenakan pakaian batik dengan beragam motif yang sangat menarik sehingga suasana upacara lebih mengindonesia.

Petugas pengibar bendera merupakan mahasiswa UM Bandung yang aktif di kepanduan Hizbul Wathan (HW). Upacara bendera berlangsung dari pukul 06.45 WIB dan berjalan dengan lancar, khidmat, dan tertib di bawah cuaca yang sangat cerah.

Dalam amanatnya, Rektor UM Bandung Herry Suhardiyanto mengatakan bahwa kemerdekaan adalah anugerah yang sangat berharga. Kata rektor, kemerdekaan merupakan sebuah hak istimewa yang diperoleh melalui tekad dan semangat juang para pahlawan.

”Generasi-generasi sebelum kita telah mengorbankan banyak hal demi impian sebuah bangsa yang merdeka, bersatu, dan maju,” tutur rektor.

”Saat kita melihat Bendera Merah Putih berkibar di angkasa, marilah kita tidak hanya mengingat sejarah, tetapi juga mengambil inspirasi dari perjuangan tersebut,” ajak rektor.

Selesai kegiatan upacara, peserta langsung berfoto bersama kemudian menyantap kudapan tradisional Sunda yang sudah tersedia di pintu lobi utama UM Bandung.

Kudapan tersebut di antaranya ada ubi, kacang, dan jagung rebus. Ada juga katimus yang dibungkus daun pisang. Ditambah dengan bajigur dan bandrek hangat. (FA)

Exit mobile version