PPK Ormawa IMM Farmasi UMP Canangkan Desa Wirausaha

PPK Ormawa IMM Farmasi UMP Canangkan Desa Wirausaha

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) mencanangkan program yang bertajuk Desa Wirausaha dengan produk yang berupa Kapulaga Aromaterapi Roll-On (KATI-On), bertempat di Desa Karangkemiri, Pekuncen, Banyumas.

Adapun program tersebut diawali dengan kegiatan sosialisasi PPK Ormawa IMM Farmasi UMP serta peresmian rumah produksi KATI-On yang diberi nama Kapulaga Center pada Jumat (21/7/2023). Acara tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Dekan I Fakultas Farmasi UMP, dosen pembimbing, Camat Pekuncen, Kepala Desa Karangkemiri, pihak Koperasi Desa, Kepala Desa se-Pekuncen, dan masyarakat sekitar.

Kepala Desa Karangkemiri, Subur Topo Prikhanto, S.T., berharap bahwa program yang dicanangkan oleh tim PPK Ormawa IMM Farmasi UMP yang terdiri atas 15 anggota tersebut dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu perekonomian warga, khususnya di Desa Karangkemiri, serta ke depannya selalu diberikan kelancaran di setiap kegiatan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Dekan I Fakultas Farmasi UMP, apt. Binar Asrining Dhiani, Ph.D., juga menuturkan bahwa adanya program tersebut diharapkan mampu menghasilkan output yang baik bagi masyarakat Desa Karangkemiri.

“Kegiatan ini tentunya memiliki tujuan yakni dapat menaikkan nilai ekonomi dari Kapulaga yang mana kami melihat adanya potensi di desa ini,” ungkapnya.

Adapun peresmian rumah produksi Kapulaga Center di Desa Karangkemiri secara simbolis dilakukan dengan pemotongan pita oleh Wakil Dekan I Fakultas Farmasi UMP dan kepala Desa Karangkemiri, juga disaksikan dosen pembimbing tim PPK ORMAWAIMM Farmasi yakni apt. Githa Fungie Galistiani, Ph.D., dan Tim Task Force UMP. Kemudian acara dilanjutkan dengan sosialisasi meliputi pengenalan program, struktur kepengurusan serta penyusunan timeline pelaksanaan kegiatan.

Sosialisasi Lanjutan, Pembentukan RPK dan FKD

Tak sampai di situ, tim PPK Ormawa IMM Farmasi UMP melakukan kegiatan lanjutan, pada Kamis (27/7/2023). Kegiatan tersebut berupa sosialisasi pemanfaatan kapulaga, pembentukan kelompok kerja Remaja Peduli Kapulaga (RPK), serta pembentukan Forum Kewirausahaan Desa (FKD).

Ketua PPK Ormawa IMM Farmasi UMP, M. Nur Hisyam dalam kegiatan sosialisasi memaparkan mengenai potensi kapulaga di Desa Karangkemiri, manfaat kapulaga, dan tahapan pembuatan roll-on aromaterapi. Sosialisasi berikutnya disampaikan oleh M. Iqbal Fauzi dan Zahra Meidiva Andreas selaku divisi acara mengenai ruang lingkup kinerja RPK dan FKD.

Bapak Urip Widodo, salah satu warga Desa Karangkemiri mengapresiasi adanya program tersebut. “Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada tim dari UMP dan kami memiliki keyakinan bahwa produk tersebut akan terjual laku di pasaran,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ibu Kepala Desa Karangkemiri sangat berharap adanya kelanjutan jangka panjang dari program tersebut guna menaikkan taraf ekonomi masyarakat Desa Karangkemiri. (zah/tgr)

Exit mobile version