Mahasiswa UM Kupang Lakukan KKN Terintegrasi

Mahasiswa UM Kupang Lakukan KKN Terintegrasi

NTT, Suara Muhammadiyah- Lima orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kupang, Melaksanakan KKN tematik terintegrasi kegiatan Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP) & Magang. suatu pendekatan dalam pembelajaran yang menggabungkan tiga komponen penting dalam pengembangan kemampuan mahasiswa, yaitu kuliah kerja nyata (KKN), pengalaman lapangan persekolahan (PLP), dan magang.

Uslan selaku ka.prodi PGSD UM Kupang mengatakan, “Integrasi ketiga komponen ini dapat memberikan manfaat diantaranya, mahasiswa akan dapat menerapkan pengetahuan teoritis yang mereka pelajari di kelas ke dalam situasi dunia nyata. Mereka akan melihat bagaimana konsep-konsep yang diajarkan dalam kelas dapat diaplikasikan untuk memecahkan masalah-masalah nyata.

Serta mahasiswa akan berinteraksi dengan berbagai pihak, seperti masyarakat, guru, siswa, dan profesional di perusahaan. Ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan komunikasi, kerjasama tim, dan pemecahan masalah.

Mahasiswa akan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan dan potensi dalam dunia pendidikan atau industri tertentu. Mereka dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin tidak terlihat dalam pembelajaran klasikal. Mahasiswa akan merasa lebih terlibat dalam memberikan solusi nyata bagi masalah-masalah yang ditemui dalam masyarakat, sekolah, atau dunia industri. Ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab sosial dan pemberdayaan.

Kegiatan PLP diikuti oleh 3 orang mahasiswa Prodi PGSD (FKIP) sedangkan untuk Magang diikuti Mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial (FISIPOL) 1 orang dan Prodi Ilmu Hukum (Fakultas Hukum) 1 orang, yang bertempat di SD Negeri Oeba 3 Kota Kupang, pada 19 Agustus sd 31 Oktober 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan Untuk mendukung Program MBKM yang terdiri dari 9 IKU, dengan Terintegrasinya kegiatan KKN ini maka ketiga Program studi sudah menjalankan IKU MBKM yang dicanangkan oleh pemerintah yakni Mahasiswa Mendapat Pengalaman diluar kampus,” ucapnya. (Hendra Apriyadi)

Exit mobile version