UMSU Sambut Mahasiswa Baru Asal Thailand

UMSU Sambut Mahasiswa Baru Asal Thailand

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof. Dr. Agussani, MAP didampingi WR III, Dr. Rudianto, M.Si sambut 10 mahasiswa baru asal Thailand.

Kegiatan ini sekaligus silaturahim dengan pengurus Jamiah Islam Syekh Daud Al Fathoni (JISDA) Thailand dan Persatuan Alumni Indonesia – Thailand (PERSAIT). Dilaksanakan, Kamis (31/8) di Ruang VIP UMSU Jalan Muchtar Basri No.3 Medan.

Pada kesempatan itu, WR III UMSU Dr. Rudianto menyampaikan bahwa UMSU selalu memberikan kesempatan kepada mahasiswa asing untuk belajar di UMSU. Tahun ini, kurang lebih terdapat 23 mahasiswa asing dari Thailand, Kamboja, Yaman serta beberapa dari India yang akan belajar di UMSU.

“Tahun ini scholarship yang kita berikan diprogram secara struktur dan penuh, sehingga setiap tahunnya kurang lebih kita menerima 20 mahasiswa asing,” kata Dr. Rudianto.

Dia juga mengatakan, kehadiran mahasiswa asing menjadi kebanggaan dan kesempatan yang sangat bagus untuk pertukaran informasi dan budaya.

“Program scholarship yang kita berikan sudah terstruktur dan mudah dikelola karena sudah ada Office of International Affairs and Cooperation (OIC) sebagai lembaga yang mengelolanya,” lanjutnya.

WR III UMSU juga menyapaikan, mahasiswa asing di UMSU tidak perlu khawatir terkendala bahasa karena satu bulan sebelum perkuliahan dimulai, mahasiswa akan dibekali pembelajaran bahasa melalui program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) UMSU secara gratis.

Sementara itu, Ketua OIC UMSU, Rafieqah Nalar Rizky, S.Sos., M.A melaporkan 10 mahasiswa asing yang hadir berasal dari Pattani dan Narathiwat Thailand. Mereka akan belajar di beberapa Fakultas di antaranya 4 mahasiswa di FAI, 3 mahasiswa di FKIP dan 3 mahasiswa di FISIP.

“Terima kasih kepada UMSU khususnya Rektorat yang telah memberikan adik-adik kita, mahasiswa asing dari negara lain terutama negara tetangga untuk kuliah di UMSU dengan skema scholarship,” ujar Rafieqah.

Terakhir Ruslan Charu, M.Si selaku pengurus JISDA berterima kasih karena telah menerima mahasiswanya untuk belajar di UMSU.

“Saya mewakili atas nama Rektor JISDA membawa mahasiswa kami untuk belajar khususnya UMSU. Alhamdulillah kami ucapakan terima kasih karena telah diterima oleh UMSU. UMSU lah yang menerima mahasiswa asing dari Pattani dan UMSU lah yang kami tuju dan setelah itu terus menerus kami mewarisi,” ujar Ruslan.

Turut hadir pada kegiatan ini Dr. Abdulrohman Mahae, M.M Selaku Penanggung Jawab Mahasiswa JISDA, Amina Chuma, S.Pd., M.Ed, Mm Selaku Wakil Presiden PESAIT, Halimah, BA selaku anggota PERSAIT, Pimpinan FAI, FKIP dan FISIP, Tim OIC UMSU, Ka Bimawa UMSU dan para mahasiswa baru asal Thailand. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version