DKM Masjid IQRO PRM Kluwut Peduli Dhuafa

DKM Masjid IQRO PRM Kluwut Peduli Dhuafa

BREBES, Suara Muhammadiyah – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid IQRO Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, selepas melaksanakan kajian shubuh, salurkan bantuan paket sembako dari para dermawan muslim yang merupakan jama’ah tetap masjid Iqro kepada para Dhuafa yang juga merupakan jama’ah tetap masjid Iqro dan warga di sekitar area masjid, Ahad, 3 September 2023.

Pembagian paket sembako ini menjadi salah satu agenda kegiatan yang akan dirutinkan oleh DKM Masjid Iqro.

Bambang Wahyudi, selaku wakil ketua DKM menyampaikan bahwa Masjid sebagaimana dizaman Rasulullah tidak hanya berfungsi untuk tempat beribadah saja, akan tetapi juga menjadi salah satu solusi atas permasalahan sosial dan ekonomi bagi Jamaah / warga sekitar masjid pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, dan kami menginginkan agar masjid bisa berfungsi sebagaimana mestinya sesuai dengan masjid di zaman Rasulullah, ucapnya.

Disisi lain Ahmad Sudarno, selaku Bendahara DKM Masjid IQRO menerangkan bahwasanya pihaknya untuk kali ini membagikan ± 50 paket sembako yang berisi beras, minyak goreng dan telor, diaman untuk setiap paketnya senilai: Rp. 100.000,- yang dibagikan khususnya bagi para jama’ah masjid yang layak untuk menerimanya dan juga warga dhua’fa sekitar masjid.

Pihaknya mengumpulkan infaq pembagian sembako dari para dermawan muslim yang juga merupakan jamaah masjid Iqro, jadi memang hal ini dilakukan agar memunculkan rasa kepedulian sesama jama’ah masjid, ungkapnya.

Adapun sebagian paket sembako yang didistibusikan kepada kaum dhuafa warga sekitar masjid, disamping untuk memunculkan empati dari Jama’ah masjid, juga ada hal yang diinginkan, yaitu agar warga tersebut berkenan untuk melaksanakan jama’ah bersama-sama di Masjid tersebut, tambahnya.

Sudarno menerangkan bahwa pembagian paket sembako ini merupakan salah satu program prioritas DKM Masjid Iqro, dimana masjid harus bisa berperan sebagai tempat dalam pemberi solusi atas permasalahan yang ada bagi para jamaah dan warga lingkungan sekitar, diantaranya adalah masalah perekonomian.

Pihaknya berkomitmen agar program pembagian paket sembako dan program-program yang berkenaan atau berdampak positif secara langsung kepada para jamaah pada khususnya, menjadi agenda rutin masjid, sehingga jama’ah masjid bisa benar-benar merasakan fungsi dan manfaat masjid sebagaimana mestinya. Ia juga berharap agar kedepan jumlah donatur pembagian paket sembako ini bisa terus bertambah, sehingga daya sebar distribusi paket sembako ini bisa lebih luas lagi.

Sementara itu ketua PRM Kluwut, Syamsuri Zaenal Faizin ” mengapresiasi program yang telah dijalankan oleh DKM Masjid Iqro, pihaknya sangat mendukung program-program masjid yang berorientasi pada kegiatan sosial – ekonomi, sehingga secara perlahan bisa memperkuat aqidah dan keislaman para jama’ah dan warga sekitar masjid. Ia berharap agar semua amal usaha Muhammadiyah yang ada di Ranting yang dipimpinnya bisa mengikuti dan mencontoh program-program yang telah dijalankan oleh DKM Masjid Iqro tersebut. (Hendra Apriyadi)

Exit mobile version