NA Penentu Corak Pendidikan di Lingkungan Keluarga

NA Penentu Corak Pendidikan di Lingkungan Keluarga

YOGYAKARTA.suaramuhammadiyah.id-Dengan anggota yang mayoritas ada di usia produktif ditambah kiprah pentingnya di dunia pendidikan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi dalam pidato kuncinya menegaskan bahwa Nasyiatul Aisyiyah (NA)  harus menjadi penentu dalam corak pendidikan di lingkungan keluarga.

“Dengan kiprah penting di dunia pendidikan, NA memiliki kesempatan untuk mengintegrasikan pola pengasuhan, pendidikan dan pengawasan anak,” tutur Muhadjir dalam Pembukaan Muktamar Nasyiatul Aisyiyah XIII di Sportorium UMY.

Ia menghimbau agar NA senantiasa meningkatkan partisipasinya dalam peningkatan kualitas pendidikan, khususnya bagi anak usia dini serta pendidikan dasar. Karena, menurutnya dari usia inilah karakter anak dapat dibentuk dan nilai-nilai keluhuran mampu ditanamkan. Oleh karena itu, strategi gerakan NA harus diterjemahkan untuk merumuskan program parenting yang tepat.

“Program parenting penting dirumuskan NA mengingat kaitannya dengan kebutuhan penguatan pendidikan karakter,” imbuh Muhadjir.

Di sisi lain, pendidikan yang baik, tegas Muhadjir harus mampu merangsang aktualisasi diri dan tidak boleh membebani siswanya. “Pendidikan itu harus menggembirakan dan mencerahkan. Potensi yang beragam tidak bisa bersandar pada kebijakan yang menihilkan perbedaan,” pungkasnya (Th).

Exit mobile version