Empat Kader Muhammadiyah Raih Beasiswa Doktor dari Pemerintah Turki

Mars Muhammadiyah tanfidz

Muhammadiyah Dok SM

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Empat pemuda yang merupakan kader Muhammadiyah mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Turki (YTB Scholarship) tahun 2018. Mereka adalah Dinil Abrar Sulthani, Jelang Ramadhan, Mukhisini dan Arief yang mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Turki selama 4 tahun.

YTB Scholarship adalah program beasiswa Pemerintah Turki yang ditawarkan setiap tahunnya ke seluruh Negara, salah satunya Indonesia. Untuk tahun 2018, penerima beasiswa YTB di Indonesia sebanyak 82 orang, yang terdiri dari program S1 sebanyak 36 orang, program S2 sebanyak 36 orang dan program S3 sebanyak 10 orang.

“Insya Allah akhir pekan September nanti akan berangkat ke Turki dan disertakan menjadi bagian dari kepengurusan PCIM Turki dan Aktif dalam mengikuti dan Pengembangan Program PCIM nantinya,” tutur Dinil dalam keterangan, Kamis (20/9).

Dinil menjadi salah satu penerima beasiswa PhD Religious Education di Marmara University, Istanbul. Ia merupakan Ketua Umum Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sumatera Barat periode 2010-2012. Setelah itu menjadi Ketua Bidang Kajian dan Dakwah Islam (KDI) Pimpinan Pusat IPM. Saat ini Dini merupakan Ketua Lembaga Pengembangan dan Penelitian PDM Jakarta Timur.

Menurut Dini, dari 10 orang yang diterima pada program S3, para kader Muhammadiyah lainnya yaitu Jelang Ramadhan, melanjutkan program PhD International Relations di Uludag Universty, Bursa, Mukhlishin, melanjutkan program PhD Islamic Law di Necemitin Erbakan Universty, Konya dan Arief Isdiman Saleh, melanjutkan program PhD International Relations di Selcuk Universty, Konya.

Berbekal pegalaman di  Muhammadiyah kini keempatnya mampu berprestasi dan membuktikan kualitas kader-kader Muhammadiyah tidak kalah dengan dunia luar. Keberhasilan meraka tak luput dari apa yang didapatkan dulu sewaktu menjadi kader. Hal ini membuat bangga pendidikan Muhammadiyah dan persyarikatan Muhammadiyah.(Imad/Riz)

Exit mobile version