Saatnya Generasi Muda Bijak Bersosial Media

Saatnya Generasi Muda Bijak Bersosial Media

Peace Stories: Rekesh Surampudi dan Fikri (Dok Imad/SM)

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kordinator Komisariat IMM Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerjasama dengan Kedubes Amerika megadakan Seminar Peace Stories for Peace Islamic Society bertajuk “Generating Positive Islamic Content In Internet Trough Millenial Generation To Eradicate Terorism Content”  di Grha Suara Muhammadiyah pada 27-28 Oktober 2018.

Agenda yang didukung oleh beberapa lembaga diantaranya Madrasah Digital dan Suara Muhammadiyah tersebut diikuti ratusan peserta yang umumnya mahasiswa. Di dalamnya membahas mengenai kebijakan dalam mengelolah sebuah konten yang beredar di kalangan melenial dan merancang bagaimana membuat konten positif melalui media sosial.

Koorkom IMM UMY, Fikri Angriono, menuturkan generasi bangsa terletak di pemuda, sudah sepatutnya untuk mengikuti perubahan, perkembangan zaman digital dan sikap pemuda harus jeli serta bisa memanfaatkan era ini. “Generasi muda mulai beranjak ikuti perkembangan zaman, bangkit dari tidur dan mimpi setinggi langit, maka kamu akan jatuh diantara bintang-bintang, itulah kata Soekarno,” kutip Fikri dalam pembukaan acara, Sabtu (27/10).

Atase Pers Kedutaan Amerika Serikat, Rekesh Surampudi sebagai pembicara utama serta yang membuka acara tersebut menyampaikan pentingnya pengaruh pemuda dalam era digital dalam membuat sebuah kontent atau menyebarkannya. Yaitu dengan mengandalkan 3 element seperti landscape (ruang), content (isi), dan network (jaringan).

“Hari ini andalah yang mengontrol teknologi melalui sosial media, jadi saya mendorong rekan-rekan untuk mengkontrol lanscape komunikasi baik dengan whatsapp, instagram dan lainnya. Saya mendorong untuk menjadi master landscape komunikasi, lalu saya ingin anda-anda semua lihat konten dahulu sebelum membagi pada orang lain dan bangun koneksi tersebut sangat penting untuk menangkal hoaks,” ujarnya

Acara ini turut dihadiri oleh beberapa narasumber lain, yakni Muhammad Fakhruddin (Koordinator Liputan Republika), Isngadi M Atamadja (Redaktur Eksekutif Suara Muhammadiyah), Roni Tabroni (Dosen Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, dan Cahyo Prabowo (petalar.com).(Wesar/Imad)

Exit mobile version