KKN UMP Sosialisasi Pembuatan Yoghurt

KKN UMP Sosialisasi Pembuatan Yoghurt

Dok A Musdani

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka melaksanakan program pengabdian masyarakat, mahasiswa Kelompok 3 Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Purworejo (KKN UMP) mengadakan Sosialisasi Pembuatan Yoghurt di Balai desa Wingkoharjo, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Rabu (23/1/).

Ketua Tim KKN Sosialisasi Pembuatan Yoghurt, Panggah, menyampaikan bahwa sosialisasi tersebut merupakan salah satu program kerja mahasiswa KKN Kelompok 3 UMP sebagai upaya pemberdayaan masyarakat yang ada di desa Wingkoharjo.

“Adanya sosialisasi mengenai yoghurt sangatlah positif, karena dapat membantu ibu-ibu di desa Wingkoharjo paham cara membuat yoghurt yang baik dan benar. Serta paham susu yang baik dan sehat untuk anak-anak. Semoga sosialisasi ini bermanfaat kedepannya untuk ibu-ibu di desa Wingkoharjo,” tutur Panggah.

Peserta sosialisasi dihadiri oleh ibu-ibu PKK desa Wingkoharjo. Materi Sosialisasi Pembuatan Yoghurt Susu disampaikan oleh Jeki Wibawanti dan Roisu selaku Dosen dari Program Studi Peternakan, Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Dalam paparan sosialisasi yang disampaikan Jeki Wibawati bahwasanya masyarakat di desa Wingkoharjo diberikan pemahaman tentang komposisi susu, cara memilih susu yang berkualitas baik.

“Masyarakat diberikan pemahaman tentang pentingnya manfaat minum yoghurt dan cara pembuatan yoghurt. Dengan mengetahui tahap-tahapan pembuatan yoghurt, masyarakat diharapkan dapat membuat yoghurt sendiri di rumah untuk mendukung gerakan minum susu untuk menjaga kesehatan keluarga,” ungkapnya.

Yoghurt, lanjut Jeki, adalah minuman susu yang difermentasi dengan menambahkan bakteri baik yaitu Bakteri Asam Laktat (BAL). Sehingga susu yang diolah menjadi yoghurt akan memperlancar pencernaan dan susu tersebut  memiliki daya simpan yang lebih lama. (Akhmad Musdani)

Baca juga

Bagaimana Kita Bisa Melahirkan Seribu Ahmad Dahlan Muda?

Siswa SMP Simpon Belajar Membuat Pie Susu, Makanan Khas Bali

Mahasiswa UMP Ciptakan Gel Antijerawat dari Limbah Kulit Buah Semangka

Exit mobile version