Semangat Muhammadiyah Beramal Saleh

TEGAL, Suara Muhammadiyah – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyampaikan tausyiah dalam pengajian Hari Bermuhammadiyah di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bumijawa Kabupaten Tegal, Ahad (24/2).

Abdul Mu’ti mengajak pada ratusan warga Muhammadiyah yang mengikuti pengajian Hari Bermuhammadiyah agar membantu dan beramal saleh sebagai semangat bermuhammadiyah. Menurutnya pelaksanaan hari bermuhammadiyah adalah hari untuk menyegarkan, meningkatkan dan membangkitkan kembali semangat dalam bermuhammadiyah.

Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah, gerakan Islam berkemajuan adalah gerakan memajukan, mencerdaskan dan menggembirakan masyarakat. Memajukan dan mencerdaskan melalui amal saleh serta bergembira untuk memperoleh jannah.

Tanwir Muhammadiyah di Bengkulu lalu, kata Mu’ti, mengangkat tema “Beragama yang Mencerahkan” yang memiliki makna dalam menjalankan kehidupan beragama harus diwarnai dengan kegiatan-kegiatan ibadah dan amal saleh. “Oleh karena itu kegiatan Muhammadiyah harus berisi kegiatan-kegiatan amal saleh. Beragama yang mencerahkan juga dimaknai di mana orang beragama dalam menjalankan ibadah maupun amal saleh harus ikhlas,” katanya.

Mu’ti menyampaikan perlu adanya pencerahan pada masyarakat. Salah satunya dengan gerakan literasi dengan menyampaikan Alqur’an dan As-Sunnah untuk mengantarkan ummat dari kegelapan menuju ke jalan yang benar. Selain itu, beragama yang mencerahkan kuncinya adalah beragama dengan ilmu.

Kemudian Mu’ti mengungkapkan bahwa Muhammadiyah di tahun 2018 telah mendapatkan beberapa prestasi membanggakan. Muhamamdiyah, katanya, telah mendunia dan memiliki PCIM di 37 negara.

Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC), lanjutnya, mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri dan Kesehatan atas kesigapan saat ada bencana. “MMDC juga diakui sebagai bagian dari WHO,” imbuhnya.

Terakhir, yaitu Lazismu yang berhasil meraih 3 penghargaan seperti penghargaan dari BAZNAS atas prestasinya sebagai LAZ yang berhasil menghimpun dana dan melaporkan laporan dengan Wajar Tanpa Pengecualian, terakreditasi A dengan, serta sebagai LAZ menghimpun dana terbanyak di Indonesia.

Mu’ti berharap dengan disampaikannya prestasi tersebut, meningkatkan rasa kebanggan dan semangat dalam beramal saleh. “Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi yang ikut mendirikan negara ini, oleh karena itu muhammadiyah terus berusaha memberikan yang terbaik untuk kemajuan umat dan kemajuan bangsa,” pungkasnya. (Hendra Apriyadi)

Baca juga

Abdul Mu’ti: 3 Makna Hijrah Nabi SAW

Olahraga Sarana Dakwah Paling Terbuka

Ilmu Sebagai Syarat Menjadi Taqwa

Exit mobile version