UMSU dan Unimed Perkuat Kerjasama

UMSU dan Unimed Perkuat Kerjasama

Dok UMSU

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara  (UMSU) dan Universitas Negeri Medan (UNIMED) saling memperkuat kerjasama. Hal itu ditandai dengan kunjungan Rektor UMSU Dr Agussani MAP ke kampus UNIMED. Kunjungan Rektor UMSU itu diterima langsung oleh Rektor UNIMED  Prof Dr. Syawal Gultom,  Jumat (2/8). Keduanya saling memberi informasi perkembangan kedua universitas.

Pada pertemuan itu Rektor UMSU Dr. Agussani MAP didampingi Wakil Rektor II Akrim MPd, Wakil Rerktor III Dr. Rudianto, Sekretaris Rektor Gunawan M.THI dan Direktur Pascasaraja Dr. Syaiful Bahri. Sementara itu, Rektor UNIMED Prof. Dr. Syawal Gultom didampingi para wakil rektor dan pejabat dilingkungan UNIMED Medan .

Di Sumatera Utara saat ini ada tiga universitas yang sudah mendapatkan akreditas institusi A dari BANPT, yakni UNIMED dan USU sebagai perguruan tinggi negeri dan UMSU sebagai perguruan tinggi swasta. Tentu saja peraihan UMSU mendapatkan akreditasi institusi A menjadi sebagai kebanggan bagi masyarakat Sumatera Utara.

Rektor UNIMED Prof Dr Syawal Gultom menyampaikan apresiasi atas peraihan akreditas A oleh UMSU. “Peraihan akreditasi A oleh UMSU merupakan kebahagiaan bagi dunia pendidikan di Sumatera Utara, kata rektor UNIMED itu.

Kata Syawal Gultom, kerjasama antara UNIMED dan UMSU sudah lama dilakukan. Karena UNIMED sudah meraih akreditasi A pada tahun 2016 maka UNIMED dan UMSU menjalin kerjasama untuk saling membantu. Alhamdulillah, melalui program re-akreditasi yang dilakukan akhirnya dengan kerjakeras seluruh  civitas acamedica UMSU berhasil dengan baik.

Hal yang sama disampaikan Rektor UMSU Dr. Agussani. Kerjasama UMSU – UNIMED  bukan berawal pada dukungan re-akreditasi tapi sudah diakukan sejak tahun 1990-an, khususnya pada proses awal pendirian FKIP UMSU, jelas Agussani.

Menuju World Class University

Penguatan Kerjasama antara UMSU – UNIMED terus dilakukan. Pengalaman dan Sumber Daya Manusia yang dimiliki UNIMED menjadikan UMSU tetap harus banyak  belajar dari UNIMED, terutama dalam rangka persiapan UMSU menjadi World Class University pada tahun 2033 mendatang.

Rektor UNIMED Prof. Dr. Syawal Gultom sangat gembira mendapatkan paparan dari tim UMSU yang berkunjung ke kampusnya.  Rektor UNIMED merasa sangat tertarik dengan paparan Rektor UMSU tentang prpgram UMSU menuju World Class University. Untuk menjawab tantangan itu, kata Syawal Gultom maka UMSU harus mempersiapkan program akreditasi internasional (international regocnation) dengan mendorong beberapa prodi yang ada untuk naik ketahap akreditasi internasional.

Selain persiapan untuk akreditasi internasional, penguatan kerjasama antar dua perguruan tinggi itu akan dilakukan pada bidang penjaminan mutu internal. Kedepannya proses penjaminan mutu antara UNIMED dan UMSU dapat disinergikan dan saling memberi penguatan. Kerjasama lainya, kegiatan joint riset dan publikasi. Untuk itu ke depannya akan dilakukan riset dan publikasi bersama.

Pemaparan dan Dikusi dalam upaya penguatan kerjasam antar dua perguruan tinggi itu ditandai dengan pertukaran cinderama antar kedua pihak.(Syaifulh/Rizq)

Exit mobile version