LLDIKTI I Nobatkan UMSU PTS Terbaik di Sumatera Utara

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil meraih Perguruan Tinggi Swasta peringkat I dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara.

Selain terpilih sebagai PTS terbaik, satu dosen UMSU Dr. Muhammad Fitra Zambak juga terpilih sebagai dosen terbaik / berprestasi dilingkungan LLDIKTI Wilayah Sumatera Utara.

Hal ini diungkapkan Kepala LLDIKTI Wilayah I Prof Dian Armanto, seusai upacara peringatan HUT Ke 74 RI yang digelar di Kantor LLDIKTI Wilayah I, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (17/8/2019).

Menurut Dian Armanto, UMSU merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik Peringkat I di Sumatera Utara disusul oleh UMN Al Washliyah dan Universitas Methodist Indonesia berdasarkan beberapa kriteria seperti tata kelola, jumlah jurnal yang ditulis oleh dosen serta penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Saat ini UMSU berada diperingkat I untuk PTS di Sumatera Utara dan peringkat 75 klasterisasi Perguruan Tinggi (PT) non-vokasi tahun 2019 seluruh Indonesia yang dirilis oleh Kemenristek Dikti” kata Dian Armanto.

Selain itu, hal membanggakan lainnya yang diraih UMSU adalah dari 100 Perguruan Tinggi non vokasi hasil klasterisasi tahun 2019 yang dirilis Ristekdikti, UMSU adalah satu satunya PTS dilingkungan LLDIKTI Wilayah I yang masuk 100 besar, bahkan dari seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Sumatera Utara hanya 3 yang masuk, yakni USU diperingkat 13 disusul Unimed diperingkat 50 dan UMSU diperingkat 75.

Prof Dian Armanto mengungkapkan bahwa penilaian PTS terbaik itu didasari oleh 3 hal yaitu tata kelola, jumlah dosen dan guru besar serta prestasi mahasiswa baik lokal, nasional dan internasional.

Dian Armanto menambahkan, dari 3 kriteria tersebut, tata kelola UMSU sangat baik dengan diraihnya Akreditasi A institusi dan ini juga sangat membanggakan LLDIKTI Wilayah I, karena diluar pulau Jawa, hanya 2 PTS yang memiliki akreditasi A yaitu UMI di Makassar dan UMSU di Medan.

“Tata Kelola UMSU sangat baik, sudah akreditas A, kemudian jumlah dosen dan guru besarnya banyak, hasil penelitian dan pengabdian masyarakatnya juga bagus serta prestasi mahasiswanya juga sangat membanggakan, baik ditingkat wilayah, nasional bahkan internasional”, ungkap Prof Dian Armanto.

Dian Armanto juga berharap UMSU dapat menambah jumlah akreditasi A Program studinya, yang saat ini berjumlah 9 Prodi menjadi 10, 11 atau 12 pada tahun depan sehingga bisa melangkah ke tingkat internasional.

“Saat ini UMSU program studinya sudah 9 yang akreditasi A, saya berharap UMSU dapat menambah menjadi sepuluh, sebelas atau bahkan dua belas sehingga bisa mempertahankan Akreditasi institusinya, dan jika sudah berhasil 2 kali berturut turut memperoleh Akreditasi A institusi maka UMSU saya rasa sudah bisa untuk melangkah ke level internasional” ujar Dian Armanto mengakhiri

Dosen Terbaik

Pada kesempatan yang sama, dosen UMSU Dr. Muhammad Fitra Zambak  terpilih menjadi dosen terbaik di Sumateta Utara. Tentu saja terpilihnya Fitra Zambak menjadi kado terindah bagi civitas academica UMSU di hari kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia.

Universitas terbaik, Dosen terbaik dan PTS dengan PKM terbanyak pada PIMNAS ke 32, nendorong  UMSU untuk menuju Kampus Internasional. (Syaifulh/Rizq)

Exit mobile version