Pembinaan Ideologi Ala AMM Kotawaringin Barat

Pembinaan Ideologi Ala AMM Kotawaringin Barat

Diklatsar Kokam Kotawaringin Barat Dok Bon/SM

PANGKALAN BUN, Suara Muhammadiyah – Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Baitul Arqam Dasar (BAD) dan Latihan Dasar (Latsar) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) pada tanggal 18 – 20 Oktober 2019.

Pada hari Jum’at (18/10) dimulai Latsar KOKAM dengan materi yang disampaikan oleh Koramil Arut Selatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kotawaringin Barat dan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Kalteng serta Badan Pelaksana Operasional (BPO) KOKAM Kalteng.

Pembukaan BAD AMM dan Latsar KOKAM dilaksanakan hari Sabtu (19/10) di Lapangan Komplek Perguruan Muhammadiyah Kabupaten Kotawaringin Barat, dilanjutkan materi dan pengajian umum yang disampaikan oleh DR Hasan Asy’ari Ulama’i, MAg oleh narasumber dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah,  yang menyampaikan tentang paham agama dalam Muhammadiyah.

Menurut Aulia Arif, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah sekaligus Koordinator AMM Kabupaten Kotawaringin Barat menyampaikan bahwa kegiatan BAD AMM dan Latsar KOKAM berorientasi pada pembinaan ideologi keislaman dan kepemimpinan untuk mempersiapkan kepemimpinan bangsa yang bermoral, religius sekaligus intelek serta dapat memahami Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar.

Pelaksanaan Latsar KOKAM bersamaan dengan Milad KOKAM ke-54 pada tanggal 1 Oktober, dimana pada tahun 1965 awal KOKAM didirikan untuk melawan gerakan PKI yang akan mengganti ideologi Republik Indonesia menjadi ideologi komunis.

“Kami berharap peserta Latsar KOKAM dapat meneladani jiwa patriotik Jenderal Soedirman seorang kader Pemuda Muhammadiyah yang berjuang tanpa pamrih  sehingga beliau dikenang sebagai Jenderal Besar dan Bapak TNI,” ujar Aulia.

Materi Baitul Arqam Dasar dilaksanakan di lokasi TK Mujahidin yang disampaikan oleh  ortom Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Nasyiatul Aisyiyah (NA),  Sedangkan   penyampaian materi Latsar KOKAM disampaikan oleh anggota Pemuda Muhammadiyah (PM) dan Tapak Suci (TS) di lokasi Taman Wisata Hutan Jurung Tiga, Pangkalan Bun Kotawaringin Barat. (Bonni/Aulia)

Exit mobile version