Peringati Sumpah Pemuda, FKIP Unismuh Seleksi Pertukaran Mahasiswa ke Jepang

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Senin 28 Oktober 2019 diperingati FKIP Unismuh Makassar dengan menggelar seleksi calon peserta Sakura Science Exchange Program.

Peserta yang lolos akan diberangkatkan ke Jepang pada bulan Maret tahun 2020 mendatang. Seleksi ini diikuti oleh 65 pendaftar, selanjutnya akan terpilih sebanyak 5 mahasiswa. Kelima mahasiswa ini akan bergabung bersama 15 mahasiswa lainnya yang berasal dari  Singapura, Vietnam, dan Jepang.

Untuk mengikuti seleksi ini, calon peserta telah berhasil lulus pada seleksi pertama yaitu seleksi berkas yang dibuka sejak sebulan yang lalu. Adapun pada tahapan seleksi yang diadakan bersamaan dengan hari sumpah pemuda ini, yaitu tahapan wawancara dan Focus Group Discussion (FGD).

Nantinya para peserta yang mengikuti seleksi pada hari ini hanya akan terpilih 10 orang untuk maju ketahapan akhir tes yaitu Design Thinking mini project persentation.

Menurut Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh, Erwin Akib, Ph.D, seleksi pertukaran mahasiswa ini dilaksanakan bersamaan dengan Hari Sumpah Pemuda, agar mampu memberikan semangat lebih bagi para peserta tes agar memiliki semangat seperti para pemuda yang terlibat mencetuskan Sumpah Pemuda.

“Saatnya para pemuda Indonesia tampil di kancah internasional. Hasil akhir seleksi ini nantinya akan diumumkan pada malam ramah tamah FKIP di depan seluruh mahasiswa dan dosen yang menghadiri acara ramah tamah,” tutup Erwin. (Riz)

Exit mobile version