Sadar Melek Sekitar

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Bantul, Pimpinan Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Bantul, dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bantul mengadakan pagelaran Seni dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019 di Taman Paseban Bantul, Yogyakarta.

Pagelaran seni yang ber-temakan “Sadar, Melek Sekitar” merupakan suatu upaya Organisasi Kepemudaan (OKP) Bantul bersama-sama memberikan perjuangan dalam bentuk nyata kepada masyarakat, memajukan Bantul, dan Indonesia.

Dalam sambutan awal oleh Ketua Umum PC IMM Bantul, Immawan Baharudin Rohim mengatakan Sumpah Pemuda hanya akan tetap menjadi retorika jika masih saja terjadi polarisasi diantara pemuda tersebut.

“Ir. Soekarno dalam pidatonya pernah menyampaikan, butuh sepuluh pemuda untuk mengguncang dunia. Tetapi saat ini belum tentu kita termasuk dalam sepuluh pemuda tersebut, karena kita masih saja melihat perbedaan. Padahal ada benang merah yang menjadi perhatian kita bersama yakni kemanusiaan,” ungkap Bahar.

Sambutan kedua oleh Ade Chariri dari PC PMII Bantul juga menyampaikan momen Sumpah Pemuda kiranya menjadi langkah bersama. “patut untuk kita lanjutkan perjuanganya dalam bentuk nyata kepada masyarakat. Bukan hanya sekedar retorika semata,” tuturnya.

Pernyataan lain disampaikan oleh Ketua KNPI Bantul M. Farid Hadiyanto, SE yang menekan bahwa di moment Sumpah Pemuda ini, semoga pemuda kedepanya semakin Inovasi, kreatif, dan produktif dalam memajukan Bantul dan Indonesia.

Pagelaran seni yang dilakukan menyuguhkan perpadua seni musik, puisi, teater, dan stand up komedi dari beberapa komunitas dan universitas, diantaranya komunitas Rakyat Sastra, Luar Ruang, Universitas PGRI Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Parawisata, Universitas Alma Ata, Universitas Ahmad Dahlan, dan beberapa komunitas dan universitas lainya. Selain menyuguhkan perpaduan seni, PC IMM Bantul, PC PMII Bantul, dan KNPI Bantul juga melakukan deklarasi Cipayung Plus Kabupaten Bantul, sebagai wadah Pergerakan Mahasiswa yang ada di Kabupaten Bantul. (Haryono)

Exit mobile version