• Tentang SM
  • Disclaimer
  • Redaksi
  • Media Siber
  • Term & Condition
  • Privacy Policy
  • Hubungi Kami
Minggu, November 16, 2025
Suara Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
No Result
View All Result
suaramuhammadiyah
No Result
View All Result

Wakil Rektor UM Jember: Perkuat SDM dan IT Hadapi New Normal

Suara Muhammadiyah by Suara Muhammadiyah
5 Juni, 2020
in Berita
Reading Time: 2 mins read
A A
0
Wakil Rektor UM Jember: Perkuat SDM dan IT Hadapi New Normal

Drs. Akhmad Suharto, MP. Foto Dok Zahra/SM

Share

JEMBER, Suara Muhammadiyah – Indonesia tengah menuju kenormalan baru atau New Normal. Wakil Rektor 2 Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember), Drs Akhmad Suharto MP mengungkapkan bahwa kita harus mempersiapkan diri dalam menghadapi new normal dengan membawa perubahan ke arah lebih baik. “Lembaga kita harus melakukan upgrade penguatan di bidang Sumber Daya Manusia dan IT,” ucap Harto, Kamis (4/6).

Dalam dunia pendidikan, Harto mengatakan bahwa New Normal akan melahirkan kebijakan-kebijakan baru yang mengharuskan agar kita beradaptasi dengan kondisi yang ada. Pertama, saat menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) seperti ini harus memaksimalkan penggunaan IT mulai dari proses pendaftaran sampai proses seleksi mahasiswa baru. Bagi perguruan tinggi yang sudah menerapkan penggunaan IT sudah terbiasa dan tidak kaget, “Bagi yang belum terbiasa dan masih baru harus meraba-raba dan mencari cara agar bisa maksimal.”

Baca Juga

Muhammadiyah Buktikan Islam Mampu Bangun Peradaban Maju

FPP UMP Kaji Pengembangan Industri Pertanian dan Perikanan di Era New Normal

Kedua, kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) dalam New Normal juga melahirkan cara terbaru dengan menggunakan daring. Hal tersebut menuntut para pengajar harus melek sistem agar PBM daring bisa berjalan optimal. Yang biasanya pembelajaran dilakukan tatap muka di kelas, saat ini harus dilakukan secara online. “Namun, yang jadi pertanyaan apakah semua dosen bisa menggunakan teknologi?” ungkap Harto. Smartphone dan jaringan internet menjadi hal penting dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring. Namun persoalan lain muncul ketika kondisi mahasiswa di daerah yang sulit sinyal. “Mahasiswa kita kan tidak semua di kota, banyak di daerah pedesaan yang susah sinyal.” ujarnya. Maka dari itu, prosedur daring yang dilakukan akan menentukan seberapa efektif hal ini.

Di dalam perkuliahan, ada beberapa mata kuliah yang tidak bisa dilakukan secara daring, semisal pratikum. Maka hal tersebut harus dilakukan sesuai aturan dengan mengikuti protokol Covid-19 yang ada. “Pratikum harus dilakukan sesuai SOP yang berlaku di peraturan new normal.” Kesuksesan program daring juga akan berimbas pada kualitas lulusan yang tetap berkompeten.

Harto menjelaskan bahwa segala peraturan yang sudah ditetapkan dalam New Normal tidak akan bisa berjalan apabila edukasi dan kebijakan tidak diterapkan pada masing-masing individu. “Disiplin harus dipayungi dengan aturan yang mengikat.” jelasnya. (zahra)

Tags: new normalUM Jember
Suara Muhammadiyah

Suara Muhammadiyah

Related Posts

Haedar nashir
Berita

Muhammadiyah Buktikan Islam Mampu Bangun Peradaban Maju

13 Maret, 2023
FPP UMP Kaji Pengembangan Industri Pertanian dan Perikanan di Era New Normal
Berita

FPP UMP Kaji Pengembangan Industri Pertanian dan Perikanan di Era New Normal

8 April, 2022
Vaksinasi
Berita

Muhammadiyah Akselerasi Program Vaksinasi Covid-19 di UM Jember

23 Juli, 2021
Next Post

Khatib Simpatik

Please login to join discussion
  • Kotak Pos
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Pedoman Media

© SM 2021

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora

© SM 2021

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In