UMSU Juara Debat Mahasiswa Nasional Berbasis Daring

Agussani UMSU

Rektor UMSU Dr. Agussani MAP

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Tim Unit Debating Society Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sukses meraih juara pertama pada ajang Kompetisi Debat Daring Siswa dan Mahasiswa Nasional  yang diselenggarakan oleh BEM FISIP Universitas Negeri Riau.

Dalam ajang kompetisi debat daring yang diikuti para debater dari sejumlah universitas ternama itu, tim UMSU yang diwakili  oleh Fiqi Ilham, Dinda Ulina Putri Harahap, dan Ridho Irawan berhasil mengalahkan tim Universitas Indonesia pada babak final. Selain itu, Debater UMSU, Dinda Ulina Putri Harahap berhasil meraih best speaker.

“Prestasi ini sangat membanggakan, dan terasa istimewa karena kita dalam suasana menghadapi pandemi Covid-19 ,” kata Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP di sela pembukaan rapat  kerja daring bidang kemahasiswaan dengan  jajaran pimpinan universitas, para wakil dekan bidang kemahasiswaan, biro dan lembaga, Sabtu (18/7).

Dijelaskan, sukses yang diraih tim debat UMSU merupakan hasil pembinaan yang dilakukan secara berkesinambungan. Hal ini sekaligus menunjukkan proses kaderisasi dengan mempersiapkan tim pelapis berjalan baik.

“Keberhasilan UMSU meraih dan mempertahankan prestasi diajang debat menunjukkan, kaderisasi dan pembinaan yang dilakukan selama ini telah berjalan baik. Tentu untuk bisa meraih dan mempertahankan prestasi harus ada tim pelapis yang dipersiapkan,” katanya.

Dia berharap,  prestasi tim debat UMSU di tingkat  nasional ini bisa  menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk aktif dalam berbagai kegiatan positif yang nantinya di harapkan mampu membawa nama baik lembaga. Meskipun dalam suasana work from home dan study from home tidak menghalangi mahasiswa untuk melahirkan karya dan kreatifitasnya.

“Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas daripada komitmen Tim UDS UMSU dalam berlatih dan mempersiapkan diri dalam mengikuti lomba,” jelas Agussani.

Dijelaskan dia, keberhasilan tim debat  UMSU telah membawa nama baik lembaga  universitas dan Muhammadiyah. Diharapkan tim debat ini tidak terlena dengan tetap berlatih dan mengasah kemampuan sehingga bisa mempertahankan dan meraih prestasi di event dan kegiatan selanjutnya.

“Terus berlatih dan harus ada pelapis sehingga UMSU bisa mempertahankan prestasi dalam lomba debat bahasa Inggris ke depannya,” katanya.

Berikut daftar  pemenang  kompetisi  debat daring yang digelar BEM FISIP Universitas Negeri Riau yakni, Juara 1, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Juara 2 Universitas Indonesia, Juara 3 Universitas  Brawijaya, Juara 4, Universitas Lampung. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version