Ditunjuk Kemdikbud, UM Metro Selenggarakan Diklat Kepala Sekolah

um metro

Kampus UM Metro Dok SM

METRO, Suara Muhammadiyah – Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) Universitas Muhammadiyah Metro kembali dipercaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia menyelenggarakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah dan Calon Kepala Sekolah di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Diklat direncanakan terselenggara secara daring (dalam jaringan) pada pertengahan Oktober 2020 mendatang, dengan kuota peserta sebanyak 379 orang.

Menjelang kegiatan tersebut, Wakil Rektor I Bidang Akademik sekaligus Ketua LPD Universitas Muhammadiyah Metro Dr Agus Sujarwanta, MPd, telah mengirimkan 19 orang tenaga pengajar dan pengawas, tenaga operator LMS (Learning Management System) 19 orang, dan tenaga supervisor 3 orang untuk mengikuti pelatihan dari Kemdikbud.

Selain itu, LPD UM Metro juga bermitra dengan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta sebagai mitra silangan supervisi dan merekrut 1 orang pengawas Sekolah Menengah Pertama dari Dikbud Kota Metro yaitu Drs Joko Widodo, MPd.

 “Kuota peserta Diklat Penguatan Kepala Sekolah yang akan dikerjakan oleh LPD UM Metro sebanyak 379 Kepala Sekolah dari Dikbud Lampung Timur yang rencananya akan dilaksanakan pertengahan Oktober 2020 mendatang, total kegiatan berjalan selama 24 hari,” ungkap Dr. Agus.

 “Melibatkan 19 pengajar, 5 tenaga supervisor dari Universitas Sanata Dharma,19 Operator LMS yang dilaksnaakan serentak dalam 19 kelas. Pola Diklat 71 jam ini dilakukan dengan moda dalam jaringan (daring), dan kami bermitra dengan Univ. Sanata Dharma Yogyakarta sebagai mitra silangan supervisi, sedangkan UM Metro akan mengirim tenaga supervisi ke LPD Univ Sanata Dharma sebanyak 3 orang,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Rektor UM Metro Drs Jazim Ahmad, MPd, turut membenarkan jika LPD UM Metro dipercaya oleh Kemdikbud untuk menyelenggarakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah dan Calon Kepala Sekolah di lingkungan Dikbud Kabupaten Lampung Timur.

“LPD UM Metro berdiri melalui penawaran dari Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud pada tahun 2019. Syarat mengikuti penawaran tersebut Perguruan Tinggi harus memiliki Program Studi PPG (Pendidikan Profesi Guru). Alhamdulillah dengan seleksi yang ketat seluruh Indonesia, LPD UM Metro berhasil lolos seleksi. Pada tahun 2019 LPD UM Metro mendapat kepercayaan mendiklat Penguatan 800 Kepsek TK, SD, SMP di Prov dan berhasil dengan baik. Tahun 2020, kembali mendapat kepercayaan Kemdikbud mendiklat Penguatan Kepala Sekolah (PKS) 379 orang dari Dikbud Kab. Lamtim,” kata Rektor UM Metro. (Barnas)

Exit mobile version