UMSU Satu-Satunya PTS di Sumatera Lolos Pimnas

UMSU Satu-Satunya PTS di Sumatera Lolos Pimnas

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di Pulau Sumatera yang berhasil  lolos ke ajang Pekan Ilmiah Nasional 2020.

UMSU berhasil meloloskan sebanyak empat proposal di ajang Pimnas 2020  untuk bersaing dengan universitas ternama  lainnya dari seluruh Indonesia. Di ajang tahunan bergengsi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini, para mahasiswa nantinya bersaing menampilkan hasil karya inovasi dan kreatifitas.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengatakan, bangga dengan berbagai capaian prestasi yang diraih mahasiswa melalui karya-karya inovatif dan kreatifitasnya. Hal ini membuktikan   semangat untuk menjadi yang terbaik yang ditunjukkan oleh mahasiswa masih terjaga dengan baik, walau dalam suasana pandemi Covid-19.

” Berbagai prestasi yang diraih mahasiswa sangat membanggakan. Kita bersyukur hasil seleksi yang dilakukan Kemendikbud menempatkan UMSU sebagai satu-satunta PTS di Sumatera yang lolos ke Pimnas.

Prestasi tang ditunjukkan mahasiswa ini tentu menjadi jawaban atas kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada UMSU,” kata Rektor didampingi, Wakil Rektor III, Dr. Rudianto, MSi dan Ketua Student Research And Creative Center,  Fatimah Sari, SPd, MHum. Minggu (1/11).

Menurutnya, prestasi yang diraih sekarang merupakan bentuk pencapaian dari perjuangan dan komitmen dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa. Prestasi mahasiswa juga tidak terlepas dari komitmen dan kerja keras seluruh pimpinan fakultas dan prodi atas dasar rasa kebersamaan dan juga dedikasi pada universitas.

“Semangat kerjasama dan  rasa kebersamaan ini harus terus dijaga dalam rangka mewujudkan visi melalui prestasi dan karya-karya inovasi dan kreatifitas,” ujarnya.

Saat ini universitas sedang konsen dalam peningkatan kualitas dan fasilitas dengan mengikuti perkembangan-perkembangan secara internasional. UMSU terus berupaya dengan sungguh-sungguh dan kerja keras untuk mewujudkan cita-cita menjadi universitas berkelas internasional.

Sementara, Ketua Student Research And Creative Center,  Fatimah Sari, SPd, MPd mengatakan, ajang Pimnas  tidak hanya bertujuan  mengasah kemampuan menulis proposal saja, tetapi merupakan proses dalam pembelajaran sebagai mahasiswa sekaligus pembuktian akan kemampuan menghasilkan ide-ide dan karya inovatif dan kreatif.

“Ajang ini juga  menjadi wadah bagi mahasiswa untuk memgasah kemampuan  menjadi pemimpin yang memiliki kemandirian serta menjadi pribadi  kreatif dan inovatif. Selain itu untuk mengasah keberanian dan semangat berkomperisi serta kemampuan kerja sama, dan tanggung jawab,” katanya.

Lebih lanjut, untuk bisa memenangkan hibah PKM dan lolos ke ajang Pimnas, setiap proposal yang disusun mahasiswa harus memenuhi kriteria penilaian yang disusun pihak kementerian dan kebudayaan.  Proposal PKM  yang dikirimkan harus  benar-benar kompetitif dan tidak ada batasan topik.

Dia berharap, pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2020, proposal yang didanai Kemendikbud bisa meraih hasil maksimal. “UMSU brrharap proposal yang didanai bisa mendapat penghargaan terbaik di ajang Pimnas,” katanya.

UMSU   menjadi perguruan tinggi swasta satu- satunya di Sumatera  yang  lolos ke ajang  Pekan Ilmiah nasional ((Pimnas).Hasil monitoring dan evaluasi terhadap produk kreatifitas mahasiswa yang dilakukan kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan  terpilih sebanyak empat karya kreatifitas yang dinilai layak dikompetisikan di tingkat nasional. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version