Tim PKM UMSU Siap Bertanding di Pimnas ke-33

Tim PKM UMSU Siap Bertanding di Pimnas ke-33

Tim PKM UMSU Berangkat Pimnas ke-33 di UGM

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Rektor UMSU Dr. Agussani MAP melepas empat tim PKM ke Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke 33 yang akan berlangsung 24-29 Nopember di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Untuk Pimnas ke 33 tahun 2020, UMSU berhasil meloloskan empat tim PKM. Tahun ini ada 625 tim yang ikut serta dari 101 perguruan tinggi diseluruh Indonesia.

Pelepasan berlangsung di Aula Kampus Utama UMSU, Jalan Muhtar Basri, Senin siang (23/11). Hadir pada acara pelepasan itu, Wakil Rektor III Dr. Rudianto MSi, para wakil dekan III, Dosen Pendamping,  Kabiro Bimawa Radiman SE, MSi dan Kabiro Humas Dr Ribut Priadi, MIKom.

Pimnas merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang menjadi wadah berskala nasional bagi mahasiswa untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual.

Program yang diuncurkan pada tahun 2001 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. Pada tahun ini, rangkaian acara PIMNAS akan dilangsungkan dalam empat kegiatan besar, mulai dari acara pembukaan, kegiatan utama, kegiatan penunjang, dan penutupan.

Rektor UMSU Dr. Agussani MAP dalam pelepasan 4 tim PKM UMSU ke Pimnas ke 33 berharap agar anggota tim dapat membawa mengukir prestasi terbaik. Kata Agussani, Pimpnas adalah satu ajang kompetisi yang sangat bergengsi diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta. ” Mereka yang terbaiklah yang akan keluar sebagai pemenang.” jelas Agussani. Ia juga memberi aparesiasi kepada semua peserta. dosen yang telah memberikan perhatian dan hasil terbaik.

Untuk Pimnas ke 33, empat tim yang diberangkatkan adalah; Tim Satu M. Faris Khaja Pelawi (Ketua), dengan anggota Intan Ramadani, Manisa Febiola, Hardyanti Wulandari dan Yenni Aisyah dengan dosen pendamping Fatimah Sari Siregar M.Hum. Tima dua; Nadya Yasmina Putri (Ketua) dengan anggota: Poppy, Husna Juwita dan Riffa Azzahara dengan dosen pendaping M. Andi Prayogi MSi. Tim Tiga,  Feza Ihram Syahri (Ketua) dengan anggota : Lusi Puspita Sari, Rahmat Veriyadna, Indra Purwanto dan Widya dengan dosen pendamping M. Shareza Hafiz M.Acc dan Tim empat, Ahmad Riynaldiy (Ketua) dan anggota : Rizki Aldea, Syafrisya Fazhari, M. Fernanda dan Ramadhan Alhafiz dan dosen pendamping Sri Listiana Izar MPd.

Guna menghadapi kompetisi Pimnas ke-33 yang berlangsung secara offline dan online, maka tim PKM UMSU mengikuti kegiatan tersebut dari Kampus Pascasarjana di Jalan Denai Medan. Hal yang sama diikuti peserta pimnas lainnya diluar kota Yogyakarta.

Tentu saja pelaksanaan Pimnas ke-33 yang dilakukan secara online karena suasana pandemi Covid19 yang masih belum ada tanda melandai.  Diharapkan dengan pelaksanaan Pimnas ke-33 yang berlangsung secara online itu tidak mengurangi semangat peserta.

PKM Terus Bertumbuh

Pembinaan dan Pengembangan kreatifitas dan inovasi mahasiswa dikelola oleh SRCC ( Studens Research & Creatifity Center) sebagai upaya agar pembinaan inovasi dan kreatifitas mahasiswa dapat dilakukan secara fokus.

Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) menjadi perhatian serius UMSU sebagai upaya menyiapkan lulusan UMSU yang berkualitas dalam akademis dan soft skill. Pengelolaan PKM secara serius dimulai pada tahun 2016 dimana PKM yang lolos untuk didanai Kemendikbud sebayak 8 proposal, kemudian naik menjadi 10 proposal pada tahun 2017, naik menjadi 13 proposal di tahun 2018, 38 proposal di tahun 2019 dan terakhir menjadi 43 proposal di tahun 2020.

Sedangkan PKM yang lulus ke Pimnas, tahun 2016 satu proposal, tahun 2017 satu proposal, tahun 2018 tiga proposal, tahun 2019 enam proposal dan tahun 2020 sebanyak empat proposal.

Prestasi UMSU dibidang PKM menjadikan UMSU sebagai Perguruan Tinggi Swasta dengan prestasi terbaik.

Sebagai bentuk pembinaan dan apresiasi kepada mahasiswa yang berhasil meloloskan proposalnya ke Pimnas, maka semua peserta mendapat apresiasi berupa bebas dalam penulisan skripsi dan apresiasi lainnya. (Syaiful/Riz)

Exit mobile version