Mahasiswa UM Metro Juara Best Paper KMHN

um metro

Kampus UM Metro Dok SM

METRO, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Fakultas Hukum UM Metro Agus Dwi Nugroho dan Tria Noviantika juara Best Paper Konferensi Mahasiswa Hukum Nasional (KMHN) Tahun 2020.

KMHN merupakan konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh BEM FH Universitas Padjadjaran dan terbuka untuk seluruh delegasi perwakilan fakultas hukum se-Indonesia.

Setiap delegasi dari berbagai universitas wajib membuat paper terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan yang diberikan panitia penyelenggara dan topik pembahasan tentang “Aktualisasi Hak Asasi Manusia dari Masa Lampau Sampai Mendatang”.

Paper ditulis berdasarkan satu dari tiga sub tema yang dapat dipilih oleh delegasi serta berisikan pembahasan atau kajian dari permasalahan tersebut. Nantinya, hasil kajian dikerucutkan kepada solusi evaluasi dari permasalahan itu sendiri. Sebagai penghargaan, berkas kajian terbaik akan dinilai dan dipilih oleh para akademisi yang berkompeten.

Pengiriman Paper dimulai sejak 3 November 2020 dan paper yang dinyatakan lolos dalam seleksi berlanjut mewakili universitas untuk ikut dalam kegiatan konferensi yang terdiri dari Stadium General, FGD, Sidang Komisi, Rapat Pleno Akhir dan Seminar Nasional dari tanggal 11-15 November 2020.

 “Paper kami berjudul “Perlindungan Hukum terhadap Data Pribadi di Era 4.0 di Indonesia berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila”. Kami mengambil judul ini karena melihat urgensi bahwasanya perlindungan data pribadi merupakan hak privasi bagian dari Hak Asasi Manusia untuk itu kami mengkajinya melalui pendekatan nilai-nilai pancasila karena pancasila merupakan ideologi bangsa indonesia dan sumber dari segala sumber hukum di indonesia.

Melalui pendekatan pancasila kami berharap bahwasanya pembentukan peraturan perundang-undangan tentang perlindungan data pribadi ini merupakan solusi hukum responsif yang dapat disesuaikan dengan keadaan dan budaya hukum masyarakat di Indonesia,” ungkap Tria Noviantika.

Tambahan Informasi terkait perwakilan delegasi yang mengikuti kegiatan KMHN yakni, Universitas Trisakti, Universitas Pekalongan, IAIN Kendari, Universitas Sriwijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Gadjah Mada, Universitas 19 November Kolaka, Universitas Muhammadiyah Metro, Universitas Pelita Harapan dan Universitas Padjajaran.

Sementara pemenang lomba terdiri dari 2 delegasi Universitas Muhammadiyah Metro sebagai Pemenang Best Paper KMHN 2020 dan Universitas Gadjah Mada sebagai Pemenang Best Delegates KMHN 2020. (Barnas/Riz)

Exit mobile version