Sembilan Tim Kewirausahaan UMSU Bersaing di KMI Expo 2020

Sembilan Tim Kewirausahaan UMSU Bersaing di KMI Expo 2020

Tim Kewirausahaan UMSU di KMI Expo 2020

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melepas sembilan tim kewirausahan untuk bersaing pada event KMI-2020 Expo di Jakarta. Sembilan tim yang mengikuti event ini merupakan tim yang lolos seleksi nasional untuk bertarung dengan puluhan tim dari berbagai kampus di Indonesia.

Tim dilepas dalam sebuah perhelatan di Kampus Utama UMSU di Jalan Kapten Muhtar Basri, Medan, Kamis (3/12). Hadir pada acara itu, Rektor UMSU Dr Agussani MAP, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Dr Muhammadiyah Haykal Amal, Sekretaris L2DIKTI Dr Mahyiruni M.Hum dan pejabat dilingkungan UMSU. Pelepasan ditandai dengan tampilnya sembilan tim dengan tema kewirausahaan yang berbeda.

Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo berlangsung di Kampus Universitas Agung Podomoro, Jakarta, 3-5 Desember 2020. Kompetisi ajang kewirausahaan antar mahasiswa dari ratusan perguruan tinggi itu diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemendikbud. KMI 2020 diharapkan dapat memaksimal dan memunculkan potensi yang dimiliki mahasiswa dalam menyongsong masa depan yang lebih baik.

KIM XI/2020 mengambil tema ” Connecting Opportunities” atau Menghubungkan Peluang Merujuk Makna. Expo ini juga menjadi ajang untuk perturan ide dan kreatifitas antar mahasiswa.

Pelaksanaan Expo KMI-XI 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 4-5 Desember 2020 dengan tuan rumah Universitas Agung Podomoro yang akan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Hopin.

Rektor UMSU Dr. Agussani MAP menyebut, sebagai Kampus dengan akreditasi A menjadikan perhelatan KIM-2020 sebagai ajang untuk mengasah kemampuan softskill mahasiswa berbasis kewirausahaan  berbudaya Indonesia yang berkualitas. Rektorat sangat memberi perhatian dan apresiasi atas hasil yang dicapai oleh Puskibi selama ini. Untuk  itu, Rektor berjanji akan menyediakan fasilitas Gerai Puskibi untuk menjadi arena promosi dan pemasaran hasil kreatifitas mahasiswa, alumni dan dosen UMSU.

Sembilan Tim

Kesembilan Tim UMSU yang akan bersaing dengan universitas lainya dari seluruh Indonesia itu adalah Alfazza Drink, Queennacollection, Global Accountant, Siska Galery, Kost Art, Arimbi Hijab, Rein Dimsum, Akmal Water dan Crot-De.

Wakil Rektor III Dr. Rudianto yang memandau kegiatan pelepasan sembilan tim UMSU ke KMI Expo tahun 2020, mengatakan,  “Kegiatan ini bertujuan memaksimalkan dan memunculkan potensi yang dimiliki para mahasiswa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang cerah melalui dunia wirausaha.”

Lebih lanjut Rudianto mengatakan, Tahun 2020 ini, KMI Expo memasuki tahun kesebelas penyelenggaraannya dengan Universitas Agung Podomoro Jakarta dipercaya sebagai tuan rumah.

“Pada tahun ini UMSU mengirim sejumlah proposal, dan Alhamdulillah Sembilan kelompok berhasil lolos. Kesembialn kelompok itu akan mengikuti beberapa cabang yang akan dinilai dan bahkan sebagian sudah melakukan presentasi secara nasional beberapa waktu yang lalu,” tuturnya.

Puncak kegiatan KMI Expo 2020 mulai tanggal 3 sampai 5 Desember 2020, dimana perguruan tingg seluruh Indonesia yang lolos mengikuti expo di kampus masing-masing yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Hopin.

Rudianto juga menyampaikan, selain dinilai oleh dewan juri dari Kemenristek dikti, secara khusus UMSU juga akan melakukan penilaian dan memberikan penghargaan untuk kategori Stand Terbaik dan Produk Terbaik. “Ini merupakan wujud apresiasi kita kepada semua Tim yang berhasil lolos dan sudah mengharumkan nama UMSU,” sebutnya.

Gerai Puskibi UMSU

Ketua Pusat Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubator Bisnis (PUSKIBI) UMSU Dewi Andriani SE MM dalam sambutannya melaporkan persiapan yang dilakukan tim UMSU dalam menghadapi event KMI 2020. Dewi Andriani juga menjelaskan profil dan progres capaian lembaga yang dipimpinnya sejak berdiri pada tahun 2016 sebagai pusat pengembangan kewirausahaan yang unggul dalam mendukung visi dan misi UMSU.

PUSKIBI UMSU bertugas untuk menyelenggarakan layanan kewirausahaan bagi civitas akademika dan alumni yang berwawasan ekonomi kreatif, dan mandiri.

“Sejak berdiri tahun 2016, PUSKIBI terus berkiprah sebagai pusat pengembangan kewirausahaan yang unggul dalam mendukung visi dan misi UMSU,” sebutnya.

Dewi Andriani merasa supprise karena dalam sambutannya Rektor berjanji akan membangun Gerai Puskibi di areal Kampus Utama Jalan Muhtar Basri. Gerai ini diharapkan menjadi pusat pemeran dan pemasaran hasil kreatifitas dan inovasi mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.

Tinjau Stan

Menandai Expo KMI tahun 2020 yang menggelar sembilan karya kewirausahaan mahasiswa itu, Rektor UMSU Dr. Agussani MAP, Kadis Kopersi dan UKM Sumatera Utara Dr. Muhammad Haykal Amal, Sekretaris L2DIKTI Dr. Mahyiruni M.Hum, WR-III Dr. Rudianto dan Kabimawa Radiman SE MM  menyasikan dan mencoba beberapa produksi mahasisw ditampilkan di expo di aula kampus utama UMSU.  (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version