Sinergi Tiga Kampus, Latih Penulisan Artikel Ilmiah PPKn

Sinergi Tiga Kampus, Latih Penulisan Artikel Ilmiah PPKn

Sinergi Tiga Kampus, Latih Penulisan Artikel Ilmiah PPKn

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tiga program studi PPKn, yaitu Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, dan Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) bersinergi dalam Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah PPKn yang digelar secara daring.

Pelatihan Ilmiah merujuk pada data guru-guru yang tidak lagi bisa naik pangkat karena ketidakmampuan menulis karya tulis ilmiah, dan rendahnya publikasi Indonesia dibanding negara-negara lain di Asia.

“Tulisan itu layaknya senjata untuk melawan kebodohan,” demikian disampaikan Dr Dody Hartanto, MPd, Wakil Dekan FKIP UAD untuk memotivasi para peserta dalam pembukaan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah PPKn, Jum’at, 18 Desember 2020.

Hadir pada pelatihan tersebut Dikdik Baehaqi Arif, MPd, Ketua Program Studi PPKn UAD, Yogi Nugraha, MPd, Koordinator Program Studi PPKn UBP Karawang, dan Indriyana Dwi Mustikarini, SH,MH, Ketua Program Studi PPKn UNIPMA.

Serial Pelatihan yang ditujukan bagi mahasiswa tahun akhir pada ketiga Program Studi PPKn tersebut merupakan salah satu implementasi kerja sama antara UAD, UBP Karawang, dan UNIPMA.

Pelatihan digelar secara daring melalui Zoom Meeting dan kanal YouTube PPKn UAD dan UNIPMA tanggal 18, 22, dan 28 Desember 2020 menghadirkan tiga narasumber, yaitu Dikdik Baehaqi Arif, MPd (UAD); Yogi Nugraha (UBP Karawang); dan Yoga Ardian Feriandi, MPd (UNIPMA).

Dikdik Baehaqi Arif, MPd Ketua Program Studi PPKn menyebut bahwa setiap narasumber membahas tema yang saling berkaitan. Seri 1 membahas isu-isu mutakhir PPKn yang diharapkan menjadi dasar dalam menulis artikel ilmiah.

“Agar tulisan-tulisan yang dihasilkan mahasiswa PPKn tidak keluar dari bidang keilmuan PPKn” tegas Dikdik. Sementara itu Seri 2 dan Seri 3 akan membahas secara praktis dan teknis penulisan karya ilmiah dan teknik sitasi, penelurusan referensi dan submit artikel pada jurnal ilmiah, tambahnya.(dba)

Exit mobile version