UMSU Kembali Bangun Link and Match Industri

UMSU Kembali Bangun Link and Match Industri

UMSU Kembali Bangun Link and Match Industri

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Wakil Rektor I UMSU Dr. Muhammad Arifin M.Hum dan Presiden Human Recources (HR) Community Doklerandes Nafril menandatangani naskah kerjasama untuk membangun kesepahaman antara perguruan tinggi dengan dunia industri. Penandatanganan berlangsung di Kampus Utama UMSU, Jalan Mukhtar Basri, Medan, Rabu (24/2).

Penandatanganan dihadiri para Pimpinan Fakultas dilingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Tim HR Community yang berasal dari berbagai perusahaan swasta di Medan. Selain penandatangan MoU antara UMSU dan HR Community juga ditandatangani kerjasama antara UMSU dengan PT Medan Sugar Industry.

Wakil Rektor III UMSU Dr. Muhammad Arifin menyampaikan apresiasi kepada HR Community yang telah memberikan perhatian pada perguruan tinggi dalam membangun link and match guna menyiapkan lulusan yang siap untuk masuk ke dunia kerja. Kata Muhammad Arifin, kerjasama antara perguruan tinggi dan indsutri tidak sebatas penempatan mahasiswa magang tapi lebih dari itu, misalnya bagaimana indsutri memanfaatkan perguruan tinggi untuk program riset dan pengembangan.

Industri dengan segala produksnya membutuhkan inovasi kreatif, seperti pengelolaan limbah dan material daur ulang yang dapat memberi nilai tambah. Bagi dosen dan mahasiswa yang melakukan penelitian, maka industri menjadi tempat yang tepat.

Magang Bersertifikat

Hal yang sama disampaikan oleh Presiden HR Community Doklerandes Nafril. Banyak kerjasama yang bisa tindaklanjuti. Ia berharap setelah MoU ini akan dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama yang lebih konkrit. Kata Doklerandes Nafril, saat ini memang sedang ada masalah dalam persoalan penempatan magang para mahasiswa disebabkan pandemi covid19. Covid19 menjadikan industri sangat membatasi banyak orang untuk hadir di proses produksi. Namun demikian, HR Community memberikan soluasi dengan melakukan magang bersertifikat.

Magang juga bisa dilakukan dengan melakukan kombinasi antara praktik lapangan dan praktik virtual sehingga persoalan magang bagi mahasiwa dapat disolusikan.

Link and Match antara perguruan tinggi dengan dunia industri menjadi bagian strategis yang harus mendapat perhatian serius. Link and Match juga menjadi jembatan bagi aumni dalam menghadapi dunia kerja. UMSU memiliki CAD ( Career Development & Alumni Center)   satu lembaga yang menjembatani antara alumni UMSU dengan berbagai perusahaan industri. CAD-UMSU sejauh ini aktif melakukan program Expo Career bagi alumni.

Usai penandatanganan berlangsung diskusi dan dialog antara Wakil Rektor I dan pimpinan fakultas dilingkungan UMSU. Tampak tim HR Community yang hadir adalah Indra Siregar Vice Presiden HR Community, Tety M.J. Doloksaribu HR Manager PT. VVF Indonesia yang juga sekjen HR Community, De. Yusuf Ronny Edward GM HRD Waruna Group,  Ivan B.  Trihertantga HR Manager Berkat Bima Sentana,  Rizka Amelia HCGA PT Adira Finance, dan Gerry Wahyudi Karim HR Manager Herfinta Group. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version