UMSU dan Pemkab Tapteng akan Bangun Pusat Peradaban di Barus

UMSU dan Pemkab Tapteng akan Bangun Pusat Peradaban di Barus

Foto Dok UMSU

BARUS, Suara Muhammadiyah – Setelah beberapa waktu terhenti, akhirnya rencana pembangunan pusat peradaban di kawasan titik nol Barus akan segera terwujud. Untuk merealisasikan rencana itu, tim dari UMSU bersama jajaran Pemerintah kabupaten Tapanuli Tengah melakukan survei lokasi guna pembangunan pusat peradaban itu.

Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butarbutar kepada Jurnalis ‘ Suara Muhammadiyah’ menjelaskan, dari sejumlah lokasi yang disurvei, lahan pantai Kade Tigo merupakan area yg paling ideal utk dibangunnya pusat peradaban tersebut. Alasan pemilihan lokasi di ini adalah dikarenakan ia berada tepat di pinggiran pantai (laut) dan secara persis menghadap ke barat. Selain itu seperti diketahui , di malam hari langit di kawasan Barus secara umum relatif cerah sehingga sangat baik dijadikan tempat observasi dan penelitian benda-benda langit.

Dlm konteks UMSU, pembangunan ini bertujuan menjawab tantangan perguruan tinggi yang harus selalu berimprovisasi demi kepentingan akademik, penelitian, dan berkontribusi utk bangsa. Sementara dalam konteks pemerintah Tapteng hal ini bertujuan mengoptimalkan potensi sosial budaya dan sejarah yg dimiliki oleh Barus sebagai titik nol peradaban Islam di Nusantara.

Jelas Arwin, dalam waktu dekat, pembebasan lahan akan segera terealisasi dan dengan demikian pembangunan pun akan dimulai. Adapun lokomotif pengembangan pusat peradaban ini nantinya akan di jalankan boleh tim OIF UMSU yg sejak lama memang sudah melakukan observasi dan penelitian benda-benda langit di Barus.

Penelitian Benda-benda Langit

UMSU melalui tim Observatorium Ilmu Falak (OIF) telah secara intensi melakukan penelitian benda-benda langit di Pantai Barus, Tapanuli Tengah yang berhadapan dengan Samudera Hindia. Selain Barus penelitian juga di lakukan di Pantai Cermin, yang berhadapan dengan Selat Malaka.

Menurut Kepala OIF UMSU Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butarbutar, dari penelitian yang dilakukan maka lokasi pantai barus adalah lokasi yang paling tepat karena langsung berhadapan dengan laut lepas, tanpa halangan, dan bebas polusi. Berbeda bila pengamatan itu dilakukan dari lokasi OIF di Lantai 7 Gedung Pascasarjana UMSU di Jalan Denai.

Diharapkan dengan terbangunnya Pusat Peradaban yang juga sekaligus bagian dari OIF UMSU maka akan dapat menjadi salah satu ikon baru baik bagi persyarikatan Muhammadiyah maupun pemerintah daerah dalam mengembangkan ilmu dan peradaban.

Rektor UMSU Agussani MAP sangat memberi perhatian ada pembangunan Gedung Perdaban dan OIF UMSU di Barus Sumatera Utara. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version