Gerakan Wakaf Qur’an di Kampung Badur

MEDAN, Suara Muhammadiyah  –  Global Ehsan Relif Indonesia menggelar kegiatan wakaf Qur’an dan berbuka puasa bersama yatim-piatu dan duafa di Kampung Badur Kota Medan pada Minggu (18/4). Dalam kegiatan tersebut, Pihak Global Ehsan Relif Indonesia menggandeng HMJ Kessos FISIP UMSU untuk terlibat. Hal ini dikarenakan aktifitas sosial HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Kessos FISIP UMSU dianggap bisa membantu pelaksanaan kegiatan tersebut. Pelaksanaan kegiatan yang berlokasi di Kampung Badur merupakan rekomendasi dari  HMJ Kessos FISIP UMSU.

Relawan Global Ehsan Relief Indonesia untuk Wilayah Kota Medan, Eka Setiawan S.Sos., mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan di bulan suci Ramadan yang di dalamnya dilakukan berbagai program.

“Untuk wilayah Kota Medan sendiri kita melaksanakan program wakaf qur’an yang berjumlah 200 jilid Qur’an dan pemberian 100 paket buka puasa bersama (ifthar) anak yatim-piatu, anak-anak pinggiran Sungai Deli dan kelompok dhuafa. Untuk wakaf Al-Qur’an dibagikan di beberapa tempat di antaranya Yayan Al-Khafi yang memiliki rumah tahfiz Qur’an, Kampung Badur, Yayasan Kopasude yang juga berada di Wilayah Kampung badur dan Yess Formanity,” ujarnya.

Lebih lanjut, Eka Setiawan mengatakan Global Ehsan Relief juga terdapat di lima negara yaitu Singapura, Indonesia, Malaysia, Sri Langka dan Combodia. Untuk Wilayah Indonesia kantor pusatnya berada di Wilayah Banda Aceh.

“Di lima negara tersebut juga dilaksanakan program serupa seperti buka puasa bersama anak yatim-piatu dan dhuafa, pemberian paket sembako untuk keluarga, hadiah lebaran untuk anak yatim-piatu dan dhuafa, serta wakaf Al-Qur’an. Terkhusus untuk wilayah Jalur Gaza, Yaman, Suriah dan Afrika dilakukan program buka bersama internasional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua HMJ Kessos FISIP UMSU Aidil Aldan menyambut positif ajakan dari Global Ehsan Relief Indonesia yang untuk Wilayah Kota Medan di kordinatori oleh Eka Setiawan. Bagi Aidil kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membantu masyarakat khususnya pada saat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

“Dengan adanya wakaf Qur’an ini kita berharap masyarakat bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan juga bisa mendapatkan banyak hikmah dari setiap ayat-ayat Al-Qur’an yang mereka baca. Sedangkan untuk paket berbuka puasa yang diberikan semoga bisa membantu dan menyenangkan hati anak-anak yatim-piatu, anak-anak pinggir Sungai Deli dan kelompok dhuafa,” ujarnya.

Untuk itu, Aidil mengucapkan terimakasih kepada pihak Global Ehsan Relief Indonesia yang telah mengajak dan mempercayai HMJ Kessos FISIP UMSU untuk terlibat membantu kegiatan wakaf Al-Qur’an dan kegiatan buka puasa tersebut yang berlansung di Wilayah Kota Medan.

“Ya kami ucapkan terima kasih, mudah-mudah ke depan kami HMJ Kessos FISIP UMSU dapat terus dipercaya dan dilibatkan dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Global Ehsan Relief Indonesia baik yang berada di Wilayah Kota Medan maupun di luar Wilayah Kota Medan,” pungkasnya. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version