AMM Tanggungan Adakan Baitul Arqam Terpadu

AMM Tanggungan

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Angkatan Muda Muhammadiyah Ranting Tanggungan Pucuk Lamongan mengadakan Baitul Arqam Terpadu, pada Jum’at hingga Sabtu (8-9/5/2021).

Momentum Ramadhan ini dimanfaatkan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Nasyiatul Aisyiyah (Nasyiah) dan Pemuda Muhammadiyah untuk mengadakan perkaderan secara terpadu.

Rif’an Fakhrudin Ketua Ranting Pemuda Muhammadiyah menyampaikan kegiatan perkaderan Baitul Arqam Terpadu ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Ranting Tanggungan. Alhamdulillah pesertanya sangat banyak dan penuh antusias

“Baitul Arqam Terpadu dengan tema Meningkatan kualitas kader Muhammadiyah, menuju Islam berkemajuan ini langsung dikelolah instruktur Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan”, jelas mantan Sekretaris PD IPM Lamongan ini.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa Baitul Arqam Terpadu ini bertujuan meningkatkan kualitas, pemahaman dan penghayatan anggota ortom akan nilai-nilai kemuhammadiyahan, menambah semangat anggota ortom dalam berjuang menegakkan Islam melalui persyarikatan Muhammadiyah, terbentuknya kader yang mampu bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi dan terjalinnya komunikasi antar ortom di Muhammadiyah Ranting Tanggungan.

Adapun materi yang diberikan selama dua hari jelas Rif’an Fakhrudin meliputi Al Islam, ketauhidan
Kepemimpinan, kajian kitab Fathul Qulub, Ideologi Muhammadiyah, profil kader dan nilai perjuangan tokoh Muhammadiyah

Materi revitalisasi ranting dan isue strategis keumatan, kebangsaan dan persyarikatan, tuntunan ibadah sesuai HPT (Himpunan Putusan Tarjih), gerakan jamaah dan dakwah jamaah.

Sedangkan RTL (Rencana Tindak Lanjut) oleh Peserta Baitul Arqam diharapkan akan menambah komitmen bermuhammadiyah melalui berbagai kegiatan secara rutin. Seperti pengajian anjang sana dari rumah ke rumah, memakmurkan masjid dan mushola

“Pemateri Baitul Arqam Terpadu ini diisi oleh Muslimun, ST Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur, Ust Amrozi Mufida dan Mubarok, SIP dari Majelis Pendidikan Kader PDM Lamongan. M Said, MPd Sekretaris Majelis Dikdasmen PDM Lamongan, Malikan, MPd Ketua LPCR PDM Lamongan. Sanusi, SPd Ketua PCM Pucuk dan Ir H M Shoheh, ST, MM, IPM Pimpinan Ranting Muhammadiyah setempat

Muslimun Komandan KOKAM Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur memberikan catatan bahwa mengadakan Baitul Arqam setingkat ranting dengan peserta banyak dan antusiasme tinggi, menandakan kekompakan dan hidupnya roh gerakan. Dakwah generasi Muda untuk meneruskan roda organisasi Muhammadiyah,

“Perlu dipelihara budaya kekompakan dan budaya perkaderan. Nantinya menjadi semangat bersama yang mampu beradaptasi dengan tuntutan zaman. Mampu menjadi pemimpin masa depan yang mengatasi problematika yang dihadapi|”, jelas Instruktur Perkaderan Nasional Muhammadiyah ini (Fathurrahim Syuhadi)

Exit mobile version